Review

Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Kita Harus Tahu

By: VMX Media | 26/04/2022 | 816
Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Kita Harus Tahu

VMX.ID – Air radiator motor selain sangat penting dan esensial yang keberadaannya pada sepeda motor. Sepeda motor juga dibekali pendingin mesin sendiri agar tidak mengalami kondisi overheat yang bisa memperburuk kondisi motor.

Kondisi motor yang sering mengalami overheat akan berdampak buruk bagi kesehatan motor itu sendiri. Untuk menghindari efek overheat, membutuhkan air radiator untuk mendinginkannya.

Radiator memiliki tiga bagian upper tank, lower tank, dan core radiator. Ketiganya memiliki fungsi dan tempat yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Upper Tank

Upper tank adalah bagian terbuat dari kuningan dan plastik komposit. Penempatannya terdapat pada bagian atas air radiator motor. Fungsi khususnya adalah untuk transit air panas yang berasal dari blok mesin ke bagian selanjutnya.

Lower Tank

Lower Tank adalah bagian yang paling bawah dari radiator dan seringkali disebut sebagai lower tank. Komponennya terdiri dari bahan yang sama dengan upper tank yakni dari plastik komposit dan kuningan.

Fungsi dari lower tank adalah menampung air yang telah melalui proses pendinginan dari core radiator. Sedangkan fungsi keduanya adalah sebagai tempat transit air yang masuk ke dalam area blok mesin.

Core Radiator

Bagian terakhir dari radiator motor adalah sarang atau core radiator. Bagian ini terbuat dari tembaga dan alumunium. Keberadaannya sangat penting dalam proses pendinginan yang terjadi di motor.

Terdiri dari susunan pipa pipih yang sudah dirangkai dengan menggunakan plat tipis. Fungsi utama dari bagian ini adalah memecahkan volume air menjadi lebih kecil lagi agar bisa melewati pipa pipih tersebut.Tujuan agar air yang masuk dapat lebih cepat dingin pada saat terkena angin yang berasal dari kipas pendingin.