Review

Spesifikasi Motor Trail Honda CRF 150L, Secanggih Apa Sih? Nih Penjelasannya

By: VMX Media | 22/01/2022
Spesifikasi Motor Trail Honda CRF 150L, Secanggih Apa Sih? Nih Penjelasannya
Honda CRF 150L (Honda.com)

VMX.ID – Sebagai MX lovers, Anda sudah pasti mengenal motor trail pabrikan Honda CRF 150L kan?

Ya, motor trail Honda CRF 150 L itu termasuk unit yang tergolong laris manis di pasar otomotif, terutama untuk di wilayah Indonesia.

Meski begitu, tak sedikit juga yang masih bertanya-tanya sebenarnya sebagus apa motor trail Honda CRF 150 L tersebut dan apa sih keunggulannya.

Nah, hasil riset yang sudah dilakukan Astra Honda Motor (AHM) sebelum peluncuran sudah pasti bikin Honda CRF 150 L punya berbagai keunggulan dibanding kompetitor mereka.

Baca Juga: Duh, Ternyata Helm Helm Motocross itu Tak Cocok Digunakan Sehari-hari di Trek Aspal, Mau Tahu Alasannya?

Apa saja kelebihannya? mari kita simak dari penjelasan Ak‎ihiro Momiyama, Large Project Leader CRF 150 L, dari Honda R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center.

Melansir Kompas.com, Akihiro mengatakan, konsep CRF 150 L adalah sepeda motor on road atau off road.

Honda CRF 150 L (VMX.id)

Jadi desainnya diarahkan untuk jadi teman asik blusukan ke wilayah “keras” sekaligus legal dibawa ke jalan raya karena sudah dilengkapi sein, pelat nomor, spion, serta tambahan kenyamanan bikers.

Walaupun mesinnya 150cc, CRF 150 L sudah mengenakan ukuran pelek full-size yakni depan 21 inci dan 18 inci di belakang.

Kedua pelek itu dibuat dari bahan aluminum. Selain untuk mengejar efisiensi bobot, juga buat kestabilan berkendara.

Suspensi depan menggunakan upside down merek Showa, sedangkan di belakang monoshock pro-link.

Travel suspensi depan dan belakang dibuat jauh buat kenyamanan saat injak jalan jelek, selain itu tinggi jok juga dibuat lebih bersahabat buat rata-rata tinggi orang Indonesia.

Panel dasbor digital menampilkan satu warna yang terang buat memudahkan pengamatan bikers.

Akihiro menjelaskan, mengukur kecepatan pada speedometer tidak lagi menggunakan kabel ke roda depan melainkan ke mesin.

Honda CRF 150L (Dok Honda)

Fitur lainnya, cakram bergelombang, setang standar yang bisa diatur maju-mundur, stiker backprint yang menghindari bodi lecet karena pasir atau krikil, kait helm, foot step lebih besar dengan tambahan step rubber, engine hanger, boks kecil penyimpanan barang, dan internal pompa bensin di tangki bahan bakar yang berukuran 7,2 liter.

“Saya membayangkan para konsumen menikmati produk pada saat weekend dan liburan. Di mana pada saat nyata menikmati off-road,” ujar Akihiro.

Spesifikasi

Dimensi Panjang X Lebar X Tinggi : 2.119 X 793 X 1.153 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 285 mm

Jarak Tempat Duduk : 869 mm

Berat Kosong : 122 kg

Kapasitas Tanki Bahan Bakar : 7.2L

Mesin

Tipe Mesin : 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder

Tipe Pendinginan : Pendingin Udara

Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Volume Langkah : 149.15 cm3

Diameter X Langkah : 57.3 x 57.8 mm

Perbandingan Kompresi : 9.5:1

Daya Maksimum : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm

Torsi Maksimum : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm

Tipe Transmisi : 5-Speed

Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

Tipe Starter : Pedal dan Elektrik

Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch Tipe

Minyak Pelumas : Basah Kapasitas Minyak Pelumas : 1.0 Liter (Penggantian periodik)

Rangka

Tipe Rangka : Semi Double Cradle

Jenis Velg : Aluminium

Ukuran Ban Depan : 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)

Ukuran Ban Belakang : 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)

Honda CRF 150L (Dok Honda)

Rem Depan : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)

Rem Belakang : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)

Tipe Suspensi Depan : Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)

Tipe Suspensi Belakang : Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)

Kelistrikan

Sistem Pengapian : Full Transisterized Tipe Baterai/Aki : MF Wet 12 V 5 Ah Tipe Busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9.