Review

Sebelum Memilih Antara Boots Alpinestars Tech 10 atau Tech 7, Ini Dia Penjelasannya

By: VMX Media | 16/03/2022 | 1092
Sebelum Memilih Antara Boots Alpinestars Tech 10 atau Tech 7, Ini Dia Penjelasannya

VMX.ID – Bagi kalangan motocross, grasstrack dan enduro, sepatu jaminan kualitas menjadi keharusan yang harus diperhatikan. Salah satu merek Sepatu Boots familiar dikalangan dirtbikers adalah  Alpinestars. Brand yang telah melegenda 50 tahun ini, pastinya menyiapkan produk dengan berbagai grade, tapi kesemuanya handal dalam jaminan kualitas.

Salah satu tipenya adalah Alpinestars Tech 7 sebagai sepatu boots  level atas dengan harga tingkat menengah. Sepatu boots Tech 10 masih merupakan model utama di varian boots Alpinestars, tetapi Tech 7 adalah alternatif yang lebih terjangkau dan lebih fleksibel. Tech 10s dikenal berada di sisi yang kaku jika dibandingkan dengan sepatu bot motorcross premium lainnya; sepatu boots Tech 7 dikenal berada di sisi berlawanan dari spektrum dengan kontur sangat fleksibel.

Pabrikan Alpinestars mengemas konsep sepatu bot Alpinestars Tech 7 mengutakan kenyamanan dan fleksibel diajak bermanuver diatas motor. Sepatu bot Tech 7 memiliki poros biomekanik di sisi samping sepatu boots yang memungkinkan peningkatan fleksibilitas dengan waktu jeda  lebih sedikit. Poin tambahannya menambah keamanan dengan menjaga pergelangan kaki pengendara agar tidak bergerak ke samping. Sepatu boots ini juga menggunakan pelapis sebagai penguat busa lembut di sekitar pergelangan kaki, gunanya agar lebih erat bantalan pelindung yang otomatis menambah kenyamananan. Area tendon tumit di bagian belakang boots telah didesain ulang untuk memungkinkan lebih banyak tingkat fleksibilitasnya .

Kinerja sepatu bot Alpinestars Tech 7 handal dan awet dengan dukungan tingkat kelenturan dan fleksibel tidak menghalangi pergerakan saat beraksi di trek. Dua faktor yang menjadikan Alpinestars Tech 7 lebih fleksibel daripada Tech 10, salah satunya adalah tidak memiliki bingkai kontrol fleksi depan bi-densitas, dan tidak ada bootie bagian dalam. Bagian kontrol fleksi depan terbaru di Tech 10 berada di antara tali bawah dan tengah. Kedua titik tersebut bekerja seperti suspensi untuk pergelangan kaki pengendara. Satu kelemahan dari performa Tech 7 dibanding Tech 10 adalah plastik di sisi medial boots berubah bentuk ke luar setiap kali menekuk pergelangan kaki.

Membandingkan sepatu bot Tech 10 dan Tech 7 secara berurutan, ada lebih banyak ruang gerak di Tech 7. Selain itu, tanpa bootie bagian dalam.  Kaki riders berada lebih dalam ke dalam boots, memberi  nuansa biasa pada pijakan kaki.  Sedangkan Tech 10 boots membuat terkesan berdiri sedikit lebih tinggi. Dimensi kaki pada sepatu boots Tech 7 juga lebih lebar, yang dapat membuat ukurannya lebih besar. Untuk area betis, pintu masuk ke dalam bagian telapak kaki, pada Tech 7 lebih lebar, sehingga lebih mudah untuk dipakai dan lepas. Kondisi ini mendukung kebutuhan pengendara yang mempunya betis lebih besar.

Soal daya tahan, Alpinestars Tech 7 lebih lama usia pemakaiannya. Titik keausannya biasanya terjadi di bagian  dalam sol, meski  begitu masih sangat kuat dan kokoh. Bagian sol boots Tech 7 lebih tahan lama karena terdiri dari kompon ganda dan lapisan baja bagian dalam. Sol Tech 7 tahan lama, menggunakan bahan kompon ganda dan pelapis tumit dari baja di bagian dalam. Artinya membuat kesan nuansa  boot-to-peg yang kental tanpa mengorbankan kenyamanan dan kekuatan.

Soal harga sepatu bootsTech 7 lebih murah dari hargaTech 10, tetapi masih dianggap premium. Secara keseluruhan, sepatu boots Tech 7 memiliki lebih sedikit bagian yang bergerak. Ini membuatnya lebih ringan dan lebih fleksibel tetapi dengan kelemahan sedikit rentan terhadap deformasi saat ditekuk. Kalau berdasarkan opini para pengguna lebih banyak memilih Tech 7 daripada Tech 10 dari sisi kenyamanan dan harga.

Harga Tech 10 lebih diatasnya, dikarenakan memiliki bootie bagian dalam sebagai dukungan tambahan untuk kaki), pelindung kompresi tumit dinamis (bantalan terhadap benturan keras pada kaki Anda), dan sistem bilah belakang (melindungi dari hyper extension).

Pilihan opsionalnya, Sepatu boots Alpinestars Tech 7 tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Ukurannya berkisar dari 5 hingga 16, dan ada 12 pilihan warna yang berbeda. Referensi untuk pengendara : Alpinestars Tech 7 sangat cocok untuk pengendara yang menyukai sepatu boots fleksibel dan harga yang terjangkau.