Review

Saatnya Menjadi Pengendara Motor Ramah Lingkungan, Jangan Pernah Berkata Tidak Untuk Memulai

By: VMX Media | 09/07/2022 | 548
Saatnya Menjadi Pengendara Motor Ramah Lingkungan, Jangan Pernah Berkata Tidak Untuk Memulai

NEWS.VMX.ID –  Dengan semakin besarnya populasi kendaraan bermotor, otomatis pencemaran udara semakin menjadi polemik serius.Belum lagi, sampah – sampah makanan dan minuman kemasan yang menjadi masalah lain. Ini tentunya salah satu alas an mengapa kita tidak pernah mencoba bertindak sekecil apapun demi mengurangi permasalahan polusi dan sampah.

Peduli kepada lingkungan dnegan maksimalkan dengan yang bisa diperbuat untuk membersihkan lingkungan tempat beraktifitas

Kita semua harus mengakui dengan jujur, pencemaran lingkungan yang kita. lakukan sendiri,saatnya harus kita kurangi dengan tindakan mendukung perilaku ramah lingkungan. Langkah – langkah sederhana yang bisa kita lakukan, tidak akan berdampak jika. kita lakukan sendiri. Minimal kita dapat mempengaruhi dan mengajak orang lain secara,simultan berdasarkan perilaku kita keseharian.

Pemandangan ini bukan hanya saat waktunya jam bekerja ataupun masuk sekolah, jam – jam diluar aktifitas berangkat dan pulang bekerja pun lalulintas selalu padat. Salah satu penyebabnya jalanan selalu padat adalah jumlah kendaraan tidak seimbang dengan badan jalan yang tersedia. Yuk..dalam sebuah kegiatan adventure,waktunya di agendakan seiring arah jalur untuk berbakti sosial membersihkan sampah. Contohnya yang sudah di lakukan para heakingers para pendaki gunung atau pecinta alam.

Susahnya menjadi biker yang bijak saat berkendara, niatnya pasti ada, namun ada saja kendala. Dan ujiannya. Maklum, tidak semua pengendara berkemampuan dan beretika setara. Telah menjadi rahasia umum, didunia dan negara kita kepadatan arus lalulintas telah mencapai puncak tinggi kepadatan.

Untuk melaksanakan niat tersebut, susahnya sangat sulit untuk memulai, meski beberapa gelintir orang telah berupaya secara sukarelawan memulai hal tersebut. Mendengar ungkapan menyelamatkan bumi bias jadi manusia dibumi ini menolehkan matanya alias pura – pura.

Ungkapan niat seseorang untuk menyelamatkan bumi, dipandang salah satu adegan di film kartun.Seperti mimpi seorang super hero dalam adegan film anak- anak.Bertindak menyelamatkan bumi ,bias kita mulai dari hal yang ke musuh utama kita adalah pil dalam aktifitas kita sehari – hari. Pembenahan perilaku saat menyiapkan kendaraan, saat sebelum berkendara dan dan berada di atas kendaraan dapat kita manfaatkan melakukan hal kecil demi bumi kita.

Apalagi bagi seorang biker, entah anggota komunitas klub maupun perseorangan tentu sangat,mendambakan lingkungan bersih dalam rute perjalanan kita. Kita ambil contoh, saat kita berkendara di alam bebas yabg asri dan sejuk, tentu membuat kita tersenyum lepas, tidak ada,emosi dalam berkendara, sehingga nihil kecelakaan lalulintas. Situasi Asri, sejuk dengan udara bersih selalu kita rindukan. Kenapa kita tidak berusaha menciptakan situasi tersebut didalam,situasi berlalu lintas keseharian. Dengan perilaku kita yang telah menunjukan sebagai biker ramah lingkungan, tentu dilihat bikeratau pengendara lain. Dengan begitu dapat mengajak sebanyak mungkin orang untukmelakukan hal – hal ini :

1. Bawa Botol Minum Pribadi :

Dalam beraktifitas berkendara kita pasti memerlukan minuman untuk mengurangi dehidrasi yang menyebabkan kelelahan. Saat ini, minuman kemasan sangat marak dipasaran. Imbasnya,tentu saja botol plastik bekas minuman kemasan ini, akan menjadi seperti kita ketahui, sampah plastik sangat sulit untuk melebur dengan tumpukan sampah lain. Memang ada proses,daur ulang untuk sampah plastic tersebut,namun minimal kita mengurangi kesulitan dan,dampak lingkungan akibat sampah plastik.Bila dibakar pun, asap dari sampah plastic ini menyebabkan pencemaran udara.

Idealnya, biker pengendara, selalu membawa botol minuman sendiri yang dapat diisi ulang dan pastinya lebih irit dan berdampak baik pada lingkungan. Dampak minuman beraneka ragam rasanya, bagi biker tidak baik pada konsentrasi berkendara. Ancaman mengantuk akan selalu ada, kalau terlalu mengandalkan minuman berasa manis. Memperlakukan Kendaraan Dengan Seksama. Sebagai biker, tentu anda tidak ingin terlepas dari sepeda motor. Perlunya memperlakukan sepeda motor anda, layaknya anda memperhatikan diri sendiri. Meski hanya sebagai benda,sepeda motor tentu adalah singkronisasi dengan pemiliknya. Setidaknya, secara enteng kita berbicara kalau sepeda motor kita juga seolah – olah bernyawa. Ini adalah sebuah secara tidak langsung sebagai bentuk sinergi kecocokan antara pengendara dan sepeda motornya. Mau diajak kemanapun dan bermanuver apapun kalau telah singkron terasa lebih greget.

Perlakuan dan Perawatan Ke Produk Ramah Lingkungan

Sepeda motor anda bukan hanya untuk dinikmati, tapi di rawat dan dijaga kondisinya. Caranya, melakukan servis berkala sesuai jadwal. Bukan hanya itu, sebelum kita mengendarai, perlu juga mengecek kondisi hariannya. Berkaitan dengan soal ramah lingkungan alias langit biru atau go green, perhatikan dengan seksama muatan emisi karbon. Pengaruhnya bukan hanya berdampak pada lingkungan, namun berimbas serius pada performa sepeda motor kita.

Cara lainnya adalah menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasinya. Saat ini pemerintah telah mencanangkan, produk sepeda motor mulai diterapkan system injeksi. Alasannya, system injeksi lebih banyak menekan emisi gas buang dan perawatan lebih mudah. Perseorangan pun dengan mudah melakukan pengecekan dengan menyemprotkan cairan pembersih karbon (carbon Cleaner ). Saat ini banyak sekali merek – merek carbon cleaner yang beredar. Hasil pantauan dan investigasi penulis baik untuk perawatan motor harian dan motor balap telah ditemukan referensi carbon cleaner.

Tipikal Carbon Cleaner terbaik yaitu lebih smooth ( halus ) baik aroma maupun kadar kandungannya. Lebih mudah melepaskan karbon di dinding silinder, peranti injeksi adalah syarat mutlak sebuah pembersih karbon.Mengetahuinya sangat mudah, saat disemprotkan akan tercium aromanya. Kebanyakan pembersih karbon di sajikan dengan kemasan spray. Pada saat disemprotkan, otomatis percikan tersebut akan menimbulkan asap atau

pengembunan yang sering mengenai pandangan mata. Dari hasil referensi mekanik ternama di Indonesia, mereka selalu menggunakan Super engine conditioner yang terbukti tidak membuat perih dimata pada saat pengembunan dalam melakukan proses penyemprotan.

Mengenai tangan mekanik sudah pasti, meski banyak perantara seperti kain lap,” Sistem spray pasti efek pengembunan pada saat menyemprot mengenai pandangan mata, dan pada saat mengelap bidang yang disemprot tangan pasti menyentuh, meski memakai kain lap. Pilihlah produk carbon cleaner yang lebih halus aroma dan minim efek perih ke tangan dan mata. Cairan super engine conditioner menjadi andalan mekanik untuk  melepas kerak di perangkat mesin. Jadi sebaiknya memilih produk yang formulanya mendukung efek ramah lingkungan.

Langkah – langkah tersebut, memang bukan berarti nol persen tidak menimbulkan polusi. Setidaknya upaya itu,mengurangi pencemaran lingkungan.Sepeda motor kita terawatt, secara tidak langsung andil dalam menerapkan program ramah lingkungan.

Sikap Ramah Di lingkungan Bikers

Agar seluruh aktifitas kita dapat diikuti oleh sesama bikers, satu lagi permasalahan kompleks di situasi keberadaan kondisi antar klub saat ini. Saatnya tinggalkan rasa egois merasa klub nya terbaik. Para bikers pada saat anda bergabung dalam sebuah klub dan komunitas pasti dengan niat mencari persahabatan dan pergaulan yang menjadi rasa persaudaraan.

Benturan fisik dan perang argumen, menjadi pemandangan dalam tubuh klub yang tumbuh saat ini. Belajar lah mengingat masa lalu saat niat kita bergabung dalam sebuah klub. Lihat dan belajarnya dari tindak dan tingkah saudara – saudara kita para motoris motor tua yang sama

sekali tidak menemukan benturan fisik apalagi adu argument merasa hingga usia mereka setengah baya. Kita semua satu hobi, satu tekat memperluas persaudaraan bukannya masuk klub malah membuat situasi menggabungkan ego pribadi menjadi propokator perselisihan antar klub.

Marilah kaum bikers buktikan kalau kita semua bisa bersatu padu, saling mendukung ramah tamah antar klub, sowan damai ke setiap klub sehingga rasa ramah lingkungan bikers selalu terjaga. Saatnya bikers tanah air menjadi yang ramah lingkungan, baik secara perilaku dan hati agar dapat sama sama menciptakan iklim yang ramah lingkungan.