Review

Perhatikan Perlengkapan Handling System Demi kenyamanan Berkendara

By: VMX Media | 13/01/2022 | 791
Perhatikan Perlengkapan Handling System Demi kenyamanan Berkendara

VMX.ID- Peningkatan performa sepeda motor, tidak selalu berpihak pada ubahan power mesin sepeda motor. Faktor lainnya adalah perhatian pada sisi Handling pun perlu dijadikan acuan penting. Sepeda motor dengan power yang besar, jika tidak diimbangi dengan handling yang sempurna tidak akan bermanfaat.

Handling dari sepeda motor dipengaruhi oleh berbagai sistem yang ada dari sepeda motor. Salah satu sistem yang berhubungan dengan handling sepeda motor adalah wheel system yang berfungsi sebagai penyalur tenaga gerak mesin kepada jalan. Pada wheel system terdapat part part yang menunjang handling sepeda motor seperti ban, pelek, jari – jari, rantai dan juga gir.

Setting Suspensi belakang , mulai dari mengukur kebutuhan pengendara dan pembonceng

Gir pada sepeda motor  berfungsi sebagai pemindah daya ( daya putar dari mesin ke roda belakang ), sehingga motor  dapat bekerja secara optimal. Pemakaian gir pada sepeda motor harus memenuhi syarat keunggulan produk sehingga dapat berkerja secara maksimal dan berumur panjang.Sahabat Motorev harus peka akan keberadaan   banyak part yang beredar dipasaran memiliki kualitas yang kurang baik sehingga berdampak pada kerusakan part-part lain yang berhubungan dengan gir itu sendiri, contohnya rantai roda .  

Rantai dan gir bagian komponen dari handling system

Dalam memilih gir, lagi –lagi berhubungan dengan masalah materialnya. Saatnya, Sahabat Motobikerz pintar menentukan bahan baku produk. Pilihlah gir roda dengan kandungan material lebih padat tingkat kepresisiannya dan ringan.

Perawatan berkala komponen suspensi agar handling terjaga performanya

Berbicara soal gir roda ringan, banyak pula dengan kandungan bahan baku alumunium alloy. Namun gir tipe tersebut hanya khusus digunakan untuk keperluan kompetisi. Terlebih lagi bila dipakai untuk keperluan racing dibutuhkan part gir khusus untuk menunjang settingan mesin yang sudah didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan performa yang lebih baik.

Belum lama ini, TDR Racing dan Pro X meluncurkan gir hasil pengembangan terkini yaitu denganTDR Sprocket415, yaitu gir  yang memiliki bobot yang lebih ringan dari konvensional karena memiliki ketebalan yang lebih ramping tetapi dengan ketahanan yang lebih kuat karena dibuat dengan material khusus sehingga dapat menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin secara sempurna. TDR Sprocket 415 memiliki varian ukuran yang lengkap sehingga dapat memaksimalkan settingan mesin.

Spesifikasi ini, sangat bijak dan strategis sesuai dengan kondisi perekonomian saat ini. Dengan bobot lebih ringan, tentunya lebih mengurangi tekanan kinerja gir roda dalam menopang power mesin.

Memilih Ban

Ban juga merupakan unsur dari handling system sepeda motor. Ban standar yang menempel di motor, saat ini dirasa kurang mengimbangi perkembangan teknologi mesin motor saat ini. Teknologi sepeda motor saat ini telah mengalami peningkatan luar biasa namun spesifikasi ban pada unit motor standar tidak mendukung dalam hal tersebut.

Lagi –lagi konsumen harus rela merogoh kantong untuk mendapatkan kenyaman maksimal dalam berkendara. Soal memilih ban after market berkualitas harus menyesuaikan ukurannya. Lebih baik mengikuti ukuran  sesuai ban standar, sah – saja bila pemiliknya ingin mengganti ukuran lebih lebar. Idealnya,lebih baik naik satu step dari ukuran standar.

Dalam hal keamanan, mengingat maraknya ranjau paku dan sejenisnya, lebih baik memilih ban tubeless. Karena ban tubeless lebih kuat, kokoh dan praktis. Kuat dalam arti tidak mudah melemah saat terkena ranjau paku dan kokoh karena material dan pondasi nya lebih presisi.

Hal yang di perlukan lagi dalam memilih ban, adalah komposisi kompon. Pilihlah ban dengan kompon medium untuk akselerasi dan hard kompon untuk pemakaian jangka waktu lebih lama.

Merawat dan menggunakan Pelek Terbaik

Saat ini sepeda motor baru, banyak mengaplikasi pelek palang atau tenarnya disebut pelek racing. Sahabat Motor dianjurkan selalu mengotrol kondisi pelek mengingat mirisnya kondisi jalan di Negara kita. Untuk pengguna pelek jari – jari, pilihlah pelek dengan bahan baku lebih ringan dan kuat dalam menghadapi kondisi jalan yang tidak karuan. Soal pelek alumunium, pilih lah pelek alumunium dengan teknologi ya step 7 seperti merek TDR.

Karena pelek adalah sebuah bagian dari sepeda motor sebagai peranti penyalur tenaga motor dari hasil daya geraknya.Denagn pemakaian pelek dan jari – jari yang tepat dengan kualitas terbaik, sehingga mampu berakselerasi maksimal.

Keuntungan memakai pelek jari – jari yaitu lebih lentur dalam menghadapai kondisi jalan. Daya kerja pelek jari – jari lebih baik dalam meredam guncangan yang berasal dari sepeda motor dan kondidi jalan.

Dalam hal memilih jari – jari, diharuskan membeli jari – jari dengan batang lebih tebal dengan lapisan hard chrome untuk menghindari korosi alias karatan. Pilih jari – jari dengan nipel lebih panjang dengan tujuan agar lebih memegang erat setiap sudut lubang di pelek sehingga dapat menopang pelek lebih sempurna dan stabilitas terjaga.