NEWS.VMX.ID– Membangun modifikasi motor Grasstrack kompetisi dan trail untuk kegiatan hobby, terbilang tidak mudah di terapkan. Mengapa? karena beberapa faktor, seperti singkroinasi ke pebalap dan karakter spesifikasi motor grasstrack. Juga faktor selera menentukan biaya yang mencapai ratusan juta Rupiah. Apalagi motor kompetisi grasstrack saat ini menghadapi karakter sirkuit dengan berbagai rintangan yang bervariasi tingkat kesulitannya.
Mengoprek performa maupun penampilan berbasis motor umum yang dinaikan kelasnya menjadi motor kompetisi grasstrack pastinya berbeda satu dengan lainnya. Harus bisa memenuhi selera baik dari performa dan spesifikasinya mendekati karakter pebalap. Sisa kekurangan dari modifikasi motor grasstrack memang dipenuhi oleh skill pebalapnya.
Ubahan dan pembuatan sasis atau frame motor grasstrack berkaitan dengan bahan baku, tingkat presisi produksi yang berkaitan dengan hitungan detailnya. Apalagi spesifikasi sasis motor grasstrack yang berlomba di kelas Open atau Senior memang tingkat presisi tinggi.
Juga ada versi hemat memanfaatkan sasis bawaan motor bebek yang merupakan salah satu basis motor grasstrack kompetisi untuk kompetisi sesuai kelas yang dilombakan. Terutama team privateer dengan budget terbatas mengakali dengan proses potong dan sambung dari sasis bawaan motor standar.
Versi tersebut mungkin dominan diproses oleh team privateer, meskipun beresiko minim tingkat presisi berdasarkan kualitas bahan baku, proses pengelasan yang menentukan kekuatan sasis yang mengakibatkan resiko rentan sasis patah.
Selain modifikasi sasis motor grasstrack secara totalitas, juga ada versi alternatif mengawinkan sasis motor trail build up yang di selaraskan dengan ubahan menyesuaikan karakter pebalap dan body kit full berikut tangka yang akan di gunakan. Juga ada beberapa produsen lokal rumahan yang menyiapkan sasis atau frame modifikasi motor grasstrack yang bias didapatkan secara umum.
Hal wajib yang harus dimiliki oleh sasis modifikasi wajib memenuhi tingkat rigiditas yang berkaitan dengan sifatnya yang lentur dan Gerakan tingkat fleksibelitas pada ayunan.
Modifikasi sasis motor grasstrack, sebelum mengeksekusi harus memahami keunggulan dan kekurangannya Beberapa ciri khas motor grasstrack dengan ground clearance tinggi, untuk melintas undakan berupa abstacle dan camel, lumba-lumba.
Setidaknya perhitungan kasar untuk komponen-komponen penting yang diperlukan.Dimulai dari rangka, baik sasis custom dan replika. Juga, selain rangka juga ada ban depan, ban belakang, suspensi upside down, monoshock, swing arm, tangki, body, jok, stang, bahkan hingga decal, yang harus diperhitungkan persiapannya.