BANDUNG, VMXMedia.ID – Beberapa pekan lalu, Dirtbikemagazine.com mendapatkan motor off-road listrik Electric Motion (EM) Escape XR. EM adalah perusahaan Prancis yang berada di puncak pasar motor listrik jenis trial, dan sekarang mereka juga memasuki pasar off-road untuk keperluan umum.
Saat ini, dunia trial sudah jauh lebih maju dalam hal teknologi sepeda motor listrik. Sementara dunia motocross masih mencoba untuk mencari tahu keseimbangan bobot versus jangkauan secara keseluruhan, motor trial telah beralih ke masalah berikutnya, yaitu tentang performa.
Sebagian besar pembuat motor listrik lainnya masih bersikeras bahwa hal-hal seperti kopling dan girboks tidak diperlukan. Namun faktanya, meski motor listrik tidak mogok, braaapers tetap membutuhkan kopling untuk memutar motor guna melepaskan torsi secara tiba-tiba. Girboks menjadikannya lebih efektif, terutama bagi pengendara tingkat lanjut.
Naah, di sinilah kelebihan Escape XR. Motor ini memiliki kopling hidrolik, yang digabungkan dengan simulasi idle, yang mereka sebut TKO. Model ini tidak memiliki girboks, tapi EM sedang mengerjakannya juga. Motor trial teratas mereka sudah memiliki empat kecepatan.
Secara keseluruhan layout, Escape masih memiliki banyak pengaruh motor trial. Ini sangat ringan –dengan berat di bawah 90 kg. Memang ada tempat duduknya, tapi paling enak dipegang saat braaapers berdiri. Setelah terbiasa, ia dapat mengimbangi sebagian besar perjalanan off-road. Kekuatannya cukup bagus. Pada level tertinggi dari tiga level, ia dapat berakselerasi dan mendaki bukit seperti mesin empat langkah 250cc.
Saat motor Escape dibawa dalam perjalanan trail di kaki bukit gurun dengan sekelompok motor bertenaga bensin campuran, ia dapat mengimbangi. Dari segi performa, satu-satunya batasan nyata adalah suspensi.
Jangkauan adalah masalah yang lebih besar. Dengan rider seberat 90 kg di medan berbukit, motor ini kehabisan tenaga setelah menempuh jarak 24 km. Itu adalah perjalanan trail yang memakan waktu 2.5 jam. Memang ada persediaan listrik dengan menekan tombol Encape in Limp, namun jarak tempuhnya tetap terbatas.
Saat Escape dikendarai di jalur lingkungan perkotaan, di situlah ia benar-benar bersinar. Suaranya sangat tenang dan jangkauan tidak menjadi masalah saat braaapers dekat dengan rumah. Dengan semakin banyaknya motor listrik seperti Sur Rons dan Talaria, akses motor trail listrik menjadi topik hangat di beberapa negara. Kita harus menunggu dan melihat bagaimana hasilnya.
Escape tidak termasuk dalam kategori yang sama dengan kebanyakan E-Moto China. Ini dibuat dengan kualitas yang jauh lebih tinggi –pada dasarnya setara dengan motor trial Eropa. Ada dua versi Escape: model standar seharga Rp164 juta dan XR seharga Rp196 juta. Tertarik untuk mengoleksinya? (day)