Memahami Fungsi Brush Starter dan Dampak Keausannya yang Bisa Pengaruhi Kinerja Motor

By: VMX Media | 21/09/2023 | 452
Memahami Fungsi Brush Starter dan Dampak Keausannya yang Bisa Pengaruhi Kinerja Motor

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID – ELECTRIC starter adalah perangkat yang sangat penting dalam menghidupkan motor trail. Sebelum mesin dapat dinyalakan, electric starter ini menjalankan proses aliran listrik yang beriringan dengan kinerja brush starter.

Dilansir dari trialgame.id, brush starter, yang memiliki ukuran kecil, terbuat dari bahan konduktif, yaitu karbon padat. Brush starter ini terletak di dalam rumah motor starter, dan perannya sangat penting dalam menghubungkan arus listrik yang berasal dari komutator motor starter. 

Arus ini mengalir dari field coil ke armature coil, lalu ke komutator, dan akhirnya ke massa. Brush starter juga memiliki fungsi armature dalam mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, menciptakan torsi yang diperlukan untuk memutar mesin bakar internal dan menggerakkan gigi starter. Ketika mesin berhasil menyala, brush starter akan melepaskan koneksi listriknya.

Pada motor starter, terdapat dua jenis brush, yaitu brush positif dan negatif, masing-masing terdiri dari dua buah. Saat brush mengalami keausan pada motor trail, hal ini dapat berdampak besar pada ketahanan dan efisiensi dalam penghantaran arus listrik. Dampaknya adalah mengganggu kinerja putaran mesin yang mungkin mengalami kesulitan untuk menyala hidup.

Merawat bagian brush starter sangat penting untuk menjaga kinerja motor, terutama karena brush starter sering digunakan. Salah satu ciri bahwa brush starter tidak berfungsi secara optimal adalah tingkat keausan yang terlalu pendek sehingga lapisannya tersisa sangat sedikit. Tanda lain bahwa brush starter sudah aus adalah munculnya suara berisik, percikan api, dan tidak stabilnya performa motor.

Usia brush starter dapat bervariasi, tergantung pada bagaimana mereka digunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara rutin memeriksa dan membersihkan brush starter. Dengan perawatan yang baik, biasanya brush starter dapat bertahan selama beberapa tahun. Ini melibatkan pembersihan brush dan komutator, pemeriksaan berkala terhadap kondisi brush, dan menggantinya jika diperlukan.