BANDUNG, VMXMedia.ID – Desain setang motor motocross terdiri dari ukuran batangan 7/8 inci dan batangan 1-1/8 inci. Dari keduanya, bisa dipilih mana yang paling fleksibel dan memberikan kenyamanan pada pergelangan tangan.
Dari sisi teknis, setang yang paling fleksibel adalah dengan ukuran batangan 7/8 inci tanpa palang. Namun, tidak ada pabrikan yang membuat setang seperti itu, karena dengan pipa berdiameter 7/8 inci saja tidak cukup kuat untuk sebuah setang.
Seperti dilansir Motocrossactionmag, pada beberapa dekade yang lalu, setang motor motocross dibuat dari baja berukuran 7/8 inci, dan bahkan ada beberapa yang mengunakan material aluminium padat berukuran 7/8 inci.
Para produsen setang menyadari, untuk mencapai kekuatan maksimal, diperlukan palang. Pada setang berbahan baja dapat menggunakan batang palang yang dilas.
Ilmu material logam menyatakan, di balik setang berukuran besar, kekuatan dan kekakuannya akan meningkat secara eksponensial seiring dengan bertambahnya ukuran diameter secara proporsional. Semakin besar diameter, semakin kuat pula setang itu. Karena secara teknis, tingkat kekakuan meningkat tiga kali lipat dan kekuatan naik dua kali lipat, dari persentase peningkatan diameter batang.
Sementara itu, setang aluminium berukuran besar tidak memerlukan palang untuk menopangnya, sehingga dapat dilenturkan tanpa takut retak atau patah.
Untuk mendukung batangan ukuran besar dengan palang, memerlukan biaya tambahan dari tambahan material dan efek pengelasan yang mengurangi kekuatan batang aluminium.
Jadi, Braaapers ada di kubu mana, setang baja atau alumunium? (nan)