Kunci Moncernya Performa Sepeda Motor Tunggangan Haiden Deegan, Bagaimana Settingan-nya?

By: VMX Media | 03/04/2023 | 258
Kunci Moncernya Performa Sepeda Motor Tunggangan Haiden Deegan, Bagaimana Settingan-nya?

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – PEMBALAP muda supercross, Haiden Deegan, menjadi berita utama di samping kesuksesan dua bersaudara Jett dan Hunter Lawrence di kelas 250SX.

Haiden Deegan saat ini menjadi pusat pemberitaan di dunia balap dirtbike karena talentanya yang luar biasa.Talenta balapnya ini sudah terlihat sejak ia masih di KTM supermini. Tahun ini, Deegan beralih ke balap profesional bersama Star Racing Yamaha. Di timnya ini, ia didampingi mekanik bernama Brent Duffe.

Brent Duffe menyebut motor Yamaha YZ250F yang dikemudikan Deegan mempunyai andil besar dalam melengkapi bakat Deegan yang luar biasa. Motor tersebut ia setting secara khusus, agar bisa maksimal di tangan talenta semacam Deegan.

Bagian kemudi motor menggunakan setang Pro Taper ACF (aluminium carbon fiber), yang disetel dudukan barnya cukup jauh. Duffe menyetel riser ke 10mm dan dikombinasikan dengan setang Pro Taper dan karet yang sangat lembut.

Tabung throttle-nya adalah pasokan dari  G2  dengan tabung throttle billet yang meningkatkan daya tahan. Ini adalah tabung throttle khusus yang sebenarnya sedikit lebih kecil untuk melengkapi genggaman yang lebih kecil.

Bagian triple klem-nya ditangani oleh merek Neken yang terkenal dengan kekhasan pada klem. Bagian kisi-kisi jendelanya lebih terbuka dan kualitasnya di atas standar OEM.

Sang mekanik  juga menggunakan saklar map switch Racing di Yamaha YZ250F  sebagai saklar peta rahasia. Saklar map switch dipasang pada bantalan palang, yang telah dimodifikasi dengan membuat lubang dudukan sakelar peta di dalamnya. Fungsi alat ini adalah sebagai monitoring kondisi Deegan di trek balap, dan kapan waktunya kru tim perlu mengeceknya.

Tim Star Yamaha Racing dan Deegan mempercayai, aktivitas memainkan kopling lebih nyaman menggunakan produk dari ARC. Brent Duffe menambahkan pelindung karet kecil di bawah master silinder rem depan, agar bebatuan tidak merusak sistem rem. Bagian kecil dengan desain keren tersebut juga sebagai pelindung baut ARC ini.

Selain itu, benda tersebut juga membantu menjaga dari batu atau puing-puing yang bisa merusak rem depan. Komponen ini telah terbukti menjaga pembalap terkena musibah yang menyebabkan DNF atau tidak dapat melanjutkan perlombaan.