Kemensos bersama ITS Berikan Motor Trail Listrik untuk Tiga Kabupaten di Papua, Apa Saja Spesifikasinya?

By: VMX Media | 22/09/2023 | 245
Kemensos bersama ITS Berikan Motor Trail Listrik untuk Tiga Kabupaten di Papua, Apa Saja Spesifikasinya?

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID BEBERAPA waktu lalu, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos), memberikan bantuan berupa 34 motor trail listrik terhadap masyarakat di tiga kabupaten di Papua, yakni Puncak Jaya, Yahukimo, dan Tolikara. Motor trail listrik yang diberi nama diberi nama Bangkits Cendrawasih ini, diproduksi Sains Techno Park (STP) Otomotif Insitut Teknologi Surabaya (ITS).

Motor trail listrik yang diberikan langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini ini, dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa untuk berkendara, baik di jalan off-road maupun on-road, dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Selain itu, motor trail listrik ini dirancang untuk mengatasi kendala dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar.  

“ITS menyiapkan motor trail listrik ini atas permintaan Kementerian Sosial, untuk diberikan kepada warga di tiga desa di Provinsi Papua,” ujar Assistant Manager Science Techno Park (STP) Otomotif, Aditya Halaqul Alim.

Dilansir trialgame.id, Tim STP Otomotif ITS, menyiapkan motor trail Bangkits Cendrawasih dengan pengembangan desain dan pemilihan spesifikasi motor yang bagus. Yang menarik, motor yang dihargai Rp70 juta ini, dibuat dengan sistem handmade. Dalam hal komponen elektroniknya, masih dilakukan sistem impor.  

Berikut adalah spesifikasi dari Bangkits Cendrawasih:

  • Memiliki dimensi panjang 2.080 mm, lebar 1.155 mm dan tinggi 1.115 mm. 
  • Wheelbase-nya sebesar 1.355 mm, dengan berat 103 kilogram
  • Mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 3,88 kWh, dengan kapasitas baterai mencapai jarak 70 kilometer, dan pengisian baterai membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam.
  • Dilengkapi penggerak motor listrik tipe BLDC dengan output 6,77 hingga 13 horsepower 
  • Tingkat kecepatan yang diraih maksimal 80 kilometer per jam, dan mampu melibas gradien jalan hingga 25 derajat, cocok dengan kontur jalur di Papua. 

Hingga artikel ini ditulis, belum ada informasi resmi mengenai kapan motor ini akan dipasarkan ke ranah publik. Semoga dengan adanya inovasi baru yang dihadirkan ITS melalui Bangkits Cendrawasih, bisa lebih membangkitkan dan memajukan industri otomotif di Indonesia yaa, braaapers!