BANDUNG, VMXMedia.ID – Pada tahun 2022, motor trail Kawasaki KLX230 dibuat menjadi lebih mudah dinaiki dari sebelumnya dengan diperkenalkannya versi ‘S’ yang –antara lain– menawarkan kursi yang lebih rendah agar memudahkan pengendara baru dan lebih pendek mencapai permukaan tanah.
Untuk tahun 2024, Kawasaki menghadirkan kembali KLX230 S dengan sejumlah perubahan termasuk suspensi travel yang lebih panjang, teknologi Bluetooth baru, subframe belakang yang direvisi, sistem ABS baru, bodywork yang direvisi, dan banyak lagi.
Menurut ADVPulse.com, salah satu pembaruan utama untuk tahun 2024 terletak pada sasis, khususnya subframe belakang yang direvisi, yang memungkinkan pergerakan roda lebih lama dan jok yang diperbarui. Desain ini memungkinkan jarak bebas ke tanah yang cukup, sambil tetap menjaga ketinggian tempat duduk agar terjangkau, seraya meningkatkan performa off-road.
Penyerapan benturan di bagian depan dilakukan oleh garpu teleskopik berdiameter 37mm yang kini menawarkan travel suspensi 7,8 inci dibandingkan dengan model sebelumnya yang berukuran 6,2 inci. Di bagian belakang, linkage Uni-Trak juga menawarkan travel suspensi yang lebih besar, mulai dari 6,6 inci menjadi 8,7 inci. Peredam kejut belakang tunggal dengan gas nitrogen bertekanan dilengkapi dengan penyesuaian preload berulir, memungkinkan pengendara menyesuaikan sepeda dengan berat badannya atau penumpangnya.
Selain itu, KLX230 S dilengkapi dengan swingarm aluminium baru yang lebih ringan sekitar 1,3 kilogram dari sebelumnya, dan master silinder rem belakang yang lebih ringan membantu mengurangi bobot lebih lanjut. Wheelbase yang pendek 53,7 inci yang dipadukan dengan ground clearance 9,4 inci berkontribusi pada kemampuan manuver sepeda, memungkinkan pengendara menavigasi jalan setapak dengan lebih mudah.
Beralih ke mesin dan transmisi; Mesin satu silinder berpendingin udara empat langkah 233cc menawarkan kinerja yang mulus, andal, dan tahan lama dalam paket yang ringkas. Desain dua katup SOHC yang sederhana dipilih karena karakteristik daya dan keandalannya yang mudah digunakan. Port intake yang lebih sempit dan katup intake yang lebih kecil 4mm, kini berukuran 33mm, membantu berkontribusi terhadap peningkatan performa di kisaran rendah dan menengah, dan pengaturan ECU yang direvisi sesuai dengan peningkatan torsi di kisaran rendah hingga menengah.
Injeksi bahan bakar memastikan pengiriman bahan bakar yang konsisten terlepas dari suhu atau ketinggian udara luar. Hal ini juga memungkinkan penggunaan starter elektrik, agar mudah dihidupkan hanya dengan menekan satu tombol, baik mesin panas atau dingin, dan berkontribusi terhadap emisi bersih. Sistem injeksi bahan bakar menggunakan throttle body 32mm dan panjang pipa knalpot yang lebih panjang, dipilih untuk berkontribusi pada performa mesin pada kisaran rendah-menengah.
Untuk menyamai bodywork yang terinspirasi KX, knalpotnya dilengkapi peredam meruncing dengan penampang oval. Transmisi enam kecepatan perpindahan gigi yang mulus mencakup berbagai kondisi berkendara di jalan raya dan memungkinkan penjelajahan yang lebih nyaman di jalan raya, yang juga efektif saat berkendara di jalan setapak. Rasio gigi akhir 45/14 dipilih untuk keseimbangan ideal berkendara di jalan raya dan jalan setapak.
Terlepas dari perubahan tersebut, Kawasaki mempertahankan harga model baru ini sama seperti tahun lalu, dengan mencantumkan KLX230 S non-ABS seharga USD 4,999 dan varian dengan ABS seharga USD 6299. (day)