Inilah 5 Alasan Suzuki RM-Z450 Tidak Sepopuler Pesaingnya

By: VMX Media | 30/05/2023 | 654
Inilah 5 Alasan Suzuki RM-Z450 Tidak Sepopuler Pesaingnya

VMXMedia.ID – Suzuki RM-Z450 menghadirkan mesin yang dapat memberikan performa cukup baik di lintasan off-road. Untuk kegiatan off-road biasa, motor ini sangat recommended.

Dibandingkan dengan motor pabrikan lain di kelasnya, Suzuki RM-Z450 dapat dikatakan kurang populer sehingga peminatnya sedikit. Dilansir kanal Youtube Bang Rossi, berikut adalah 5 alasan mengapa Suzuki RM-Z450 kurang diminati:

1. Suspensi

image source: dirtrider.com

Pengaturan suspensi pada Suzuki RM-Z450 masih menjadi kendala yang belum sepenuhnya terselesaikan. Meskipun Suzuki telah melakukan update pada model RM-Z450 pada tahun 2018, kinerja suspensinya masih dianggap kurang baik oleh beberapa rider

Masalah suspensi yang belum teratasi dapat mempengaruhi kinerja RM-Z450 di lintasan balap. Sebelum melakukan kegiatan balap, sebaiknya lakukan pengecekan dan perbaikan suspensi terlebih dahulu jika ingin menggunakan motor ini.

2. Bobot  

image source: dirtrider.com

Suzuki RM-Z450 memiliki bobot 109 kilogram. Bobot tersebut merupakan yang terberat di antara motor trail sekelasnya. Dibandingkan dengan motor trail 450CC lain, motor ini memiliki bobot lebih berat, bahkan lebih berat 8 kilogram dari KTM 450 SX-F. 

Bobot motor yang sangat berat akan menghambat kenyamanan dalam berkendara, serta kelincahan saat bermanuver dan melepas lompatan tinggi. 

3. Sasis 

image source: blog.pro-x.com

Bagian belakang sasis Suzuki RM-Z450 dinilai terlalu tinggi. Ketinggian tersebut sering menimbulkan gejala cover stir alias menikung terlalu berlebihan. 

Sasis motor yang terlalu tinggi dapat menyebabkan motor tidak stabil ketika dikendarai, serta sulit untuk menjangkau tanah saat akan berhenti. 

4. Mesin

image source: keeferinctesting.com

Suzuki RM-Z450 memiliki tenaga mesin yang paling rendah di kelasnya, dengan selisih rata-rata 3 sampai 50 lebih kecil dari para pesaingnya. 

Pada motor trail, tenaga mesin yang rendah akan menyebabkan akselerasi yang lambat dan performa terbatas, sehingga akan membuat pengendara tertinggal jauh dari pengendara lain ketika balapan. 

5. Starter

image source: ultimatemotorcycling.com

Alasan krusial Suzuki RM-Z450 tidak sepopuler pesaingnya adalah, motor ini merupakan satu-satunya motor trail 450CC yang belum dilengkapi dengan electric starter.

Mesin Suzuki RM-Z450 harus dihidupkan secara manual, dengan kick starter yang terletak di sisi kanan motor. Hal ini tentu akan memerlukan tenaga fisik yang lebih besar. 

Meskipun kurang populer dibandingkan motor lainnya, Suzuki RM-Z450 tetap mampu menjadi pilihan yang baik bagi para rider yang mencari kendaraan off-road handal, terutama untuk kegiatan off-road biasa. Tertarikkah braaapers untuk mencobanya? (aa)