Dunlop Merilis Ban Scoop dengan Kinerja yang Lebih Unggul, Apa yang Beda?

By: VMX Media | 15/09/2023
Dunlop Merilis Ban Scoop dengan Kinerja yang Lebih Unggul, Apa yang Beda?

Written by Munandar Nuch Arsiah

VMXMedia.ID – BAN belakang tipe scoop identik digunakan untuk keperluan trek berkontur lunak pada kondisi jalur berpasir dan berlumpur. Ban jenis ini kurang cocok untuk sirkuit dengan kontur sedang, karena cenderung memiliki cengkeram sudut yang rendah dan traksi yang terbatas.

Salah satu produsen ban yang selalu berinovasi adalah Dunlop, yang kembali menghadirkan ban jenis scoop. Kali ini, Dunlop telah meningkatkan fungsi ban scoop mereka, tidak hanya fokus pada jenis trek yang lunak. Melalui model Geomax MX14, Dunlop memperluas penggunaan ban scoop ini untuk lintasan dengan variasi trek yang lebih luas.

Produsen ban ini juga telah membuktikan keunggulan produknya saat digunakan oleh Eli Tomac selama Kejuaraan Motocross Nasional AMA 450 pada tahun 2022.

Dilansir dari motocrossactionmag.com, Dunlop memberikan jaminan atas keunggulan ban Geomax MX14. Apa saja itu? Yuk, simak informasi berikut ini!

  1.  Memberikan traksi yang unggul pada trek lurus. Hal ini membantu pembalap untuk mencapai performa maksimal saat start. MX14 dilengkapi dengan karkas dan pola tapak yang baru dikembangkan oleh pembalap elit di seluruh dunia.
  2. Desain kenop berbentuk blok yang 18 persen lebih tinggi, memastikan cengkeram yang lebih kuat pada tanah dan meningkatkan akselerasi. Sudut blok dengan teknologi fleksibel FFT dan desain kenop “Flying V” memberikan peningkatan signifikan.
  3. Desain kenop dengan scoop melengkung terbaru memungkinkan penetrasi yang lebih baik untuk mendapatkan traksi yang optimal.
  4. Karkas yang lebih tahan lama dengan hambatan yang lebih rendah saat mengejar sudut yang lebih curam, meskipun tekanan ban yang direkomendasikan adalah 12,8 psi.

Namun, perlu diperhatikan, tekanan udara pada ban jenis ini mungkin terasa terlalu tinggi, terutama saat digunakan di permukaan keras. Ban ini lebih cocok dinikmati oleh pengendara pada lintasan dengan kontur lunak hingga sedang.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, braaapers?