Review

Dua Bagian Ini Sangat Penting Untuk Berkendara Enduro! Apa Saja?

By: VMX Media | 19/10/2022 | 390
Dua Bagian Ini Sangat Penting Untuk Berkendara Enduro! Apa Saja?

NEWS.VMX.ID – Era motor saat ini, selain penuh dengan muatan teknologi mumpuni, juga beragam kemudahan dalam beraktifitas berkendara. Salah satunya dilengkapi perangkat electric starter, berupa dynamo beserta rangkaian yang berujung di tombol starter pada setang kemudi.

Olahraga hobi off road roda dua, hingga fase professional di balapan Enduro, otomatis membutuhkan perangkat starter elektrik, untuk kemudahan di jalur. Penggunaan motor trail di adventure dan Enduro pastinya harus memperhatikan kondisi elektrik starter sebelum memasuki jalur ektrim. Jangan sampai terjadi kondisi ada suara mesin tidak menyala, hanya ada sekelebat suara mesin hidup.

Untuk mendeteksi kondisi tersebut, jangan terlalu cepat berasumsi penyebabnya kerusakan di tombol starter,dynamo dan terkelupasnya kabel perangkat elektrik starter. Untuk mendeteksi penyebabnya, bisa menggunakan filling mulai dari indicator spidometer dan menggunakan alat tester.

Agar performa staternya bisa kembali berfungsi normal, Kemudian membuka langsung panel tombol starter elektrik dan membersihkan dari kotoran. Lalu, dengan melepaskan beberapa kabel penghubung electrik starter arah ke switch starter. Kemudian bersihkan bagian ujung kutub switch starter, dengan mengamplas dan merenggangkan pegas pada di switch starter.

Bagian penting memantau kondisi kelistrikan yang menyangkut ke beberapa instrument adalah kondisi sekring. Pertanda sekring bermasalah adalah ketika lampu, klakson dan starter elektrik tidak berfungsi sempurna hingga mati.

Sekring adalah bagian komponen penting, jadi wajb perhatikan kondisinya dalam janga waktu tertentu dengan membersihkan dengan cara mengamplas halus. Sbaiknya disarankan menggunakan sekring berkualitas tinggi agar lebih maksimal fungsinya dan usiap pakai lebih Panjang.

Penyebab sekring putus, karena beban lisrik berlebihan yang di topangnya terlalu tinggi dari kapasitas sebenarnya. Juga penyebab lainnya adalah terjadinya arus pendek listrik atau korsleting listrik. Penyebab korsleting akibat dari tidak stabilnya efek arus listrik. Makanya diperlukan pengecekan berkala,minimal tidak merembet.

 Disarankan memilih kualitas dan ketebalan sekring yang tidak berkualitas, hindari bentuk terlalu tipis. Alasannya untuk kekuatan menahan dan menampung arus listrik dan terhindar dari resiko terbakar. Jadi memperlakukan sekring itu bukan hal sepele, namun sangat penting untuk diperhatiakan secara rutin.