Buatan Lokal, Motor Trail Listrik Spint-3K untuk TNI-Polri  Bisa Tempuh Jarak 95 Km/Jam dan Angkut Beban hingga 160 Kg

By: Delisti Putri Utami | 01/03/2024 | 70
Buatan Lokal, Motor Trail Listrik Spint-3K untuk TNI-Polri  Bisa Tempuh Jarak 95 Km/Jam dan Angkut Beban hingga 160 Kg
Foto: antaranews.com

JAKARTA, VMXMedia.ID – Dalam Rapat Pimpinan TNI-Polri 2024 yang berlangsung di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kementerian Pertahanan (Kemhan) menunjukkan komitmennya terhadap teknologi ramah lingkungan dan industri pertahanan dalam negeri dengan menunjukkan 900 unit motor trail listrik buatan PT Len Industri (Persero) kepada TNI dan Polri.

Motor listrik yang diberi nama Sprint-3K, hasil karya anak bangsa, menjadi simbol pergeseran paradigma dalam alutsista, menggabungkan teknologi mutakhir dengan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Dilansir detik.com, kendaraan taktis ini dibekali dinamo motor mid drive 3.000 watt, mencapai kecepatan maksimum 98 km/jam, dan mampu mengangkut beban hingga 160 kg.

Motor ini merupakan motor trail bertenaga listrik sebagai sumber penggeraknya yang sudah diproduksi di Indonesia. Motor Sprint-3K memiliki spesifikasi unggulan lain, seperti kendali daya elektrik dan pakai lampu depan-belakang LED.

Sebelumnya, pada Agustus 2023, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, telah menyerahkan 100 unit motor trail listrik ini kepada TNI-Polri, menunjukkan dukungan penuh terhadap pengembangan teknologi ramah lingkungan di sektor pertahanan.

Penggunaan motor listrik Sprint-3K mencerminkan fokus Kemhan pada pengembangan alutsista yang tangguh, efisien, dan ramah lingkungan. Di sisi lain, tingginya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 61% menunjukkan geliat industri pertahanan nasional dan kemandirian teknologi Indonesia.

Rapat Pimpinan TNI-Polri 2024 menjadi momen penting dalam sejarah pertahanan Indonesia, menandai era baru alutsista yang inovatif dan berwawasan lingkungan. Penyerahan motor listrik Sprint-3K menjadi bukti nyata komitmen Kemhan dalam memperkuat pertahanan negara dengan teknologi mutakhir dan karya anak bangsa. (dpu)