Review

Begini Fungsi Kopling Otomatis Untuk Motor Kompetisi Motocross dan Supercross ! Apa Saja Kelebihannya?

By: VMX Media | 09/01/2023 | 527
Begini Fungsi Kopling Otomatis Untuk Motor Kompetisi Motocross dan Supercross ! Apa Saja Kelebihannya?

NEWS.VMX.ID – Kopling otomatis pada motor tergantung pada gerakan aktif melepaskan kopling secara otomatis berdasarkan rpm mesin dan daya diteruskan ke transmisi. Dengan adanya kopling otomatis pengendara dapat mulai dan berhenti tanpa menyentuh tuas kopling.Namun, modulasi kopling otomatis, membantu pengendara dalam berbagai situasi. Kopling otomatis tidak mengubah transmisi manual menjadi transmisi otomatis. Pemindahan gigi masih perlu dilakukan di tuas pemindah gigi. Perbedaannya adalah pengendara tidak perlu khawatir mengulur-ulur waktu atau memodulasi kopling untuk masuk ke inti tenaga. Kopling otomatis dirancang untuk bertahan setidaknya selama kopling OEM standar.

Manfaat kinerjanya perangkat mekanisnya membuat  pengendara tidak terlalu khawatir tentang kemungkinan matinya mesin saat menggunakan kopling otomatis. Dan juga membuat laju motor lebih cepat, dengan begitu membantu  otak untuk fokus memilih garis trek, posisi tubuh, dan aspek berkendara lainnya.

Pilihan opsional pengendara juga senang bisa menggunakan gigi yang lebih tinggi di tikungan tanpa takut macet. Mengendarai gigi lebih tinggi memungkinkan suspensi lebih baik, berkendara lebih mulus melewati gundukan dan mendapatkan traksi di bagian trek yang licin. Karena pengendara masih dapat menggerakkan kopling secara manual, pengujian telah dilakukan di mana pengendara bahkan tidak menyadari bahwa mereka memasang kopling otomatis. Kopling otomatis sekarang menjadi lebih populer di Supercross dan juga motorcross, ditahun 2019. 

Cara kerjanya menggunakan prinsip gaya sentrifugal, kopling otomatis mengaktifkan dan melepaskan kopling secara otomatis berdasarkan putaran mesin. Bobot sentrifugal di dalam paket kopling bergerak ke luar untuk mengaktifkan pelat penggerak dan menahannya hingga membiarkan rpm turun ke ketinggian tertentu. di mana bobot ditarik kembali untuk melepaskan kopling.

Kopling otomatis yang disetel secara internal adalah yang paling populer untuk motorcross dan berkendara off-road karena tuasnya mempertahankan nuansa kopling manual yang sama dan karena perawatannya jauh lebih sedikit. Keuntungan dari kopling otomatis yang disetel secara eksternal adalah dapat disetel dengan cepat. Ini membantu pengendara yang keras pada cengkeraman atau pengendara yang berlaga di balapan lumpur.

Soal daya tahan tergantung pada spesifikasi dan proses menyetingnya. Kopling yang diaktifkan secara mekanis pada rpm yang sama setiap saat, keausan kopling konsisten, yang memperpanjang masa pakai kopling. Mirip dengan aplikasi kopling bawaan OEM, daya tahan tergantung pada seberapa agresif pengendara.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         C