Agar Makin Pro, Ini Teknik Pengereman yang Benar

By: VMX Media | 03/05/2023 | 376
Agar Makin Pro, Ini Teknik Pengereman yang Benar

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.ID – BAGIAN paling vital dalam mendukung akselerasi saat berkendara adalah sistem pengereman dan teknik yang tepat dalam mengoperasikannya. Sekilas, pengoperasian rem terkesan mudah. Tinggal tarik dan tekan tuas rem. Sejatinya, pengereman terhubung dengan ketepatan mengambil momen, memaksimalkan kinerja perangkat rem, dan usia pemakaian rem.

Teknik mengerem yang baik dalam penggunaan motor harian, hobi, dan kompetisi harus dikuasai secara benar. Agar semakin lancer, usahakan untuk membiasakan diri berlatih dengan tingkat kecepatan rendah dan sedang.

 Agar dapat berkendara dengan lancar, berikut adalah teknik mengerem yang tepat.

  1. Tekan dan tarik tuas rem secara bertahap. Jika sudah berada di titik maksimal, wajib dilepas. Kemudian, tarik atau tekan kembali.
  2. Hindari menarik dan menekan tuas rem secara total dan mendadak dengan waktu yang lama. Tujuannya, agar mendapatkan traksi dan momen berkendara yang maksimal, tanpa menimbulkan kejadian ban selip dan hilang keseimbangan.
  3. Perhitungkan jarak pengereman untuk mendapatkan ruang lebih optimal saat bermanuver dan menghindari kecelakaan.
  4. Sebelum mengerem, pastikan harus melepas grip gas dan dilanjutkan dengan mengerem secara bertahap.
  5. Pengereman yang dianjurkan adalah mengerem dengan menggunakan kedua rem depan dan belakang secara bersamaan. Tujuannya agar kualitas  pengereman lebih optimal dan membuat motor lebih stabil.
  6. Penggunaan teknik mengerem yang benar dan tepat dapat menjaga mesin dan perangkat rem dari kerusakan.

Penggunaan rem yang tidak tepat dan tanpa menguasai tekniknya dapat menimbulkan efek kerusakan sistem pengereman motor. Jadi, harus selalu berhati-hati, ya, braaapers!