INDONESIA Ride Adventure merupakan forum pecinta otomotif, khususnya sepeda motor adventure, yang gemar melakukan petualangan. Baik perorangan, maupun kelompok.
Forum yang biasa disingkat IR-Adv ini terbentuk pada 16 April 2013. Ketika itu, Jack Maulana, salah satu founder Indonesia Ride Adventure memiliki hobi di dunia dirt bike sejak lama. Ia ingin memiliki wadah untuk dapat mengembangkan hobi trail adventure.
“Ide dasar dari pembentukan Indonesia Ride Adventure ini adalah, banyak pengendara yang ingin masuk ke dalam adventure, hanya ragu. Dalam Indonesia Ride Adventure, pengendara bisa saling sharing dan mencoba trail adventure,” ujar R. Daniantoro, race management dan timing system Indonesia Ride Adventure melalui sambungan telepon, Rabu [3/5].
Sejak awal, Indonesia Ride Adventure memiliki visi dan misi untuk lebih menekankan terhadap sisi edukasi mengenai adventure dan safety riding, bukan balapan. Seiring berjalannya waktu, banyak permintaan dari para anggotanya, untuk membuat sesi coaching clinic tentang safety riding.
Hingga saat ini, Indonesia Ride Adventure memiliki sekitar 500 anggota yang aktif di grup WhatsApp mereka. Perlu diketahui, forum ini sifatnya open for all. Artinya, siapapun bisa masuk tanpa batasan usia, pekerjaan, bahkan jenis motor.
“Kalau ada yang ingin gabung tapi cuma punya motor matic, silakan gabung,” ujar Dani.
Yang menarik, dalam Indonesia Ride Adventure, tidak ada senioritas. Para anggotanya lebih mengutamakan kebersamaan, dan tidak ada perbedaan di dalamnya.
“Kita banyak ngumpul dan ngobrol. Dari obrolan itu, kita banyak yang baru tahu kalau si A ini pembalap enduro, si B ini motornya baru, dan lain-lain,” ujar Dani.
Dani mengungkapkan, ketika riding, Indonesia Ride Adventure lebih mengutamakan kebersamaan untuk menikmati pemandangan alam, bukan melalui jalur single track atau trabas.
Kegiatan yang dilakukan Indonesia Ride Adventure bertajuk GasBar (Gas Bareng). Kegiatan ini serupa dengan Sunday Morning Ride (Sunmori), hanya dilakukan dalam bentuk trail adventure. Partisipan dalam kegiatan ini akan berkunjung ke berbagai desa. Kegiatan ini bersifat one day event, yaitu pagi berangkat dan sore pulang.
Selain GasBar, Indonesia Ride Adventure menyelenggarakan kegiatan fun rally adventure. Sekitar tahun 2013, Indonesia Ride Adventure membuat fun rally adventure menggunakan roadbook, bukan menggunakan peta tulip sebagaimana yang kerap digunakan di ajang Paris Dakkar Rally.
Roadbook merupakan petunjuk arah yang biasa digunakan pada rally. Roadbook berbentuk kertas yang tergulung dengan panjang yang bisa mencapai 25 meter atau lebih. Alat pembacanya terhubung dengan GPS dan penggulung kertas otomatis.
Di dalam roadbook, terdapat keterangan arah, jarak antara belokan satu ke belokan yang lain, serta kondisi jalan.
Selain roadbook, dalam kegiatannya, Indonesia Ride Adventure juga menerapkan timing system. Untuk mendapatkan skor tertinggi, para peserta kegiatan fun rally adventure harus mampu mengejar ketetapan waktu yang telah ditentukan.
“Misalkan dari pos satu ke pos dua diberikan waktu 60 menit, siapa yang waktunya mendekati 60 menit, itulah yang mendapatkan skor tertinggi. Misalkan si A, skornya 62 menit, sedangkan si B, skornya 70 menit, si A-lah yang menang,” ujar Dani.
Penerapan timing system ini menggunakan aplikasi. Aplikasi tersebut berfungsi untuk scanning dan melihat hasil scoring. Hasil pencatatan waktu menggunakan network time. Penggunaan tersebut bertujuan agar hasilnya lebih akurat dan mendekati real-time.
Indonesia Ride Adventure juga memiliki kanal media melalui situs indonesiarideadventure.com. Kanal media tersebut berisi berbagai artikel seputar trail adventure, serta liputan event yang diselenggarakan Indonesia Ride Adventure.
Saat ini, kegiatan fun rally adventure yang diselenggarakan Indonesia Ride Adventure akan memasuki kali kelima. Sekadar informasi, kegiatan tersebut pertama kali diselenggarakan tahun 2013, kedua kali pada 2014, serta ketiga dan keempat kali pada 2022.
Indonesia Ride Adventure akan menyelenggarakan kegiatan fun rally adventure yang kelima pada Sabtu, [6/5] esok, bertempat di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini akan mengambil start di Saung 69 Hambalang, dan finish di Cinta Rasa Resto. Dalam kegiatan ini, Indonesia Ride Adventure akan kembali menggunakan metode roadbook dan timing system.