Motocross dan Supercross Akan Serba Elektrik di 2025?

By: VMX Media | 03/04/2023 | 328
Motocross dan Supercross Akan Serba Elektrik di 2025?

VMX.ID – Semenjak beberapa tahun lalu, motor trail listrik telah digadang-gadangkan sebagai kendaraan masa depan ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan motocross listrik Sur-ron Light Bee X pada pertengahan 2018 lalu, yang berhasil menyita perhatian penggiat motor trail di seluruh dunia. 

Dilansir dirtbikelover.com, Sabtu [1/4] kemarin, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Feld, dan MX Sports telah membuat satu keputusan, supercross dan motocross akan serba elektrik per tahun 2025 mendatang.

FIM juga mengumumkan, akan menambahkan kelas Electric Class dalam kejuaraan FIM Motocross World Championship 2024. Kabarnya, olahraga sepeda motor lain pun akan beralih kepada motorsports listrik dalam waktu dekat ini pula.

Motor trail listrik akan memiliki keuntungan sangat penting bagi lingkungan. Motor trail listrik akan mengurangi polusi yang ditimbulkan melalui gas emisi serta kebisingan knalpot. Selain itu, motor trail listrik juga membutuhkan biaya perawatan lebih sedikit dibandingkan kendaraan biasa.

Pembentukan teknologi di balik motor trail listrik telah berlangsung sejak lama. Motor trail listrik dapat memberikan performa dengan level yang sama dengan motor trail biasa pada umumnya torsi yang instan dan akselerasi yang impresif. 

Selain itu, motor trail listrik dilengkapi baterai yang tahan lama digunakan dalam perjalanan jauh serta proses pengisian baterai yang berlangsung lebih cepat.

Jadi, braaapers, motor trail listrik dapat menjadi opsi yang layak dalam hal balap off-road untuk mengurangi pencemaran udara dan suara. Kita nantikan saja, apakah benar di 2025 motor listrik akan begitu dominan? (raf)