VMX.ID – Motor trail bagi kebanyakan pengendara berpostur dibawah tinggi jok motor trail. Masalah itu, salah satu keinginan memiliki motor trail menjadi bergeser. Solusinya adalah menurun base motor trail. Perlu Teknik piawai untuk mengemas tinggi motor dirt bike sesuaikan ergonomi pengendaranya.
Pertanyaanya ,haruskah menurunkan base motor Trail? Perubahan base posisi pengendara bukanlah hal yang buruk untuk menurunkan tinggi motor. Secara teknis, agar lebih sesuai dengan kemampuan berkendara, berat, dan tinggi pengendara.
Menurunkan sepeda motor trail dapat dilakukan dengan berbagai cara tanpa menggunakan alat yang ekstensif. Pastinya untuk menurunkan sepeda motor trail, harus menurunkan bagian depan dan belakang. Tujuannya agar pengendara dapat mengimbangi dan dapat dikendalikan oleh pengendara.
Menurunkan Sepeda Motor Trail, tergantung pada model ? tipe yang dimiliki, menurunkan sepeda Anda dapat dilakukan dengan cukup mudah agar pengendara bisa menyentuh tanah. Dengan begitu dapat memberikan dorongan kepercayaan diri yang besar bagi seorang pengendara, terutama jika Anda baru mengenal motorcross. Dan idealnya, kaki pengendara harus menyentuh tanah. Berikut adalah beberapa cara untuk menurunkan sepeda motor trail agar lebih sesuai dengan kemampuan berkendara dan tinggi badan Anda:
Memapas Busa Jok
Hindari memapas busa jok terlalu banyak, jika kejadian akan menyebabkan posisi duduk tidak nyaman. Terutama saat hard landing di trek atau mengendarai trek dengan banyak gundukan. Idealnya papasan busa jok dibatas 2 inchi dan menyesuaikan kondisi bantalan busa jok standar. Dengan begitu pengendara lebih leluasa bermanuver.
Mengganti Link Suspensi Berukuran Lebih Panjang
Umumnya system suspense belakang motor trail dan motocross adalah bagian plat link penghubung. Semakin pendek ukurannya, akan membuat tinggi motor bertambah. Untuk menurunkan tinggi motor trail diperlukan breket link berukuran lebi Panjang. Sebelum menentukan tinggi ideal, sebaiknya menyeting posisi link monoshock.
Dengan lowering link, dapat menyesuaikan ketinggian motor trail antara 0,5 – 2 inci.
Kekurangannya jika link monoshock terlalu Panjang, dapat menyebabkan rentan menyentuh tanah dan berjarak terlampau tipis ke spatbor.
Menurunkan Suspensi
Cara ini terbilang memakan waktu lebih lama, karena butuh melepas banyak titik bagian perangkat suspensi.
Langkah pengerjaannya dilakukan dimulai dengan melepas semua panel bodi dan jok. Kemudian melepaskan beban awal pada shock belakang dengan melonggarkan mur jam, memutar mur bawah berlawanan arah jarum jam ke ketinggian yang diinginkan. Kemudian mengurangi tekanan garpu untuk menurunkan suspensi depan. Caranya dengan mengangkat motor yang ditempatkan ke bawah mesin.
Kendurkan baut penjepit garpu kemudian berlanjut menurunkan motor dengan menggeser garpu ke atas melalui klem rangkap tiga untuk menurunkan ketinggian motor.
Setelah beres, pasang kembali semuanya, kencangkan baut penjepit, jangan lewatkan satu bagian pun.
Keuntungan menurunkan Suspensi motor motocross adalah dapat menyesuaikan suspensi yang diturunkan dengan gaya berkendara. Ketinggian motor dapat diperpendek 2 inchi. Kekurangannya, dapat secara signifikan mengurangi ground clearance
Menyesuaikan Pijakan kaki
Langkah penutupnya adalah menyesuaikan posisi pijakan kaki, disetel untuk mendapatkan ergonomi. Perubahan pijakan kaki, adalah solusi paling terakhir, melengkapi berdasarkan kenyamanan posisi kaki pengendara.
Dengan menambahkan pijakan kaki yang lebih tinggi ke sepeda Anda dapat membawa pengendara lebih tinggi di atas jok dan memberi lebih banyak ruang dan lebih banyak mobilitas untuk bermanuver.