Hot News

Ini Dia Proses Yang di Lakukan Orel Lubis dan Angga Lubis Sebelum Take Off Ke Kompetisi Junior Motocross di Eropa.

By: VMX Media | 10/03/2023 | 373
Ini Dia Proses Yang di Lakukan Orel Lubis dan Angga Lubis Sebelum Take Off Ke Kompetisi Junior Motocross di Eropa.

VMX.ID Setelah memastikan  dan terkonfirmasi soal proses administrasi keberangkatan bergabung kedalam team DVS KTM Junior Racing, Orel Lubis dan Angga Lubis semakin pede mempersiapkan diri. Terutama SiBoss Angga, yang harus ekstra waspada soal bobot berat badannya yang harus menjadi konsentrasi utama.” Pernah turun hingga 75 kg dan sekarang naik lagi jadi 87 kg dan instruktur fisiknya Om Gandung darmoko pun nyerah soal menurunkan bobotnya Boss,” Ujarnya yang di iyakan oleh sang Abang Orel Lubis.

Orel Lubis terus konsisten dan fokus mempersiapkan dirinya dengan agendakan latihan dan kegiatan rutin yang wajib dalam mendukung pola latihan fisik dan skil motocrossnya. Program Akbar Aureliansyah Lubis adalah :

Jenis agenda latihan Orel Lubis #22 adalah :

Cardio-Pernapasan: Latihan ini penting terutama untuk meningkatkan kekuatan dan staminanya agar lebih prima ketika berlomba. Menu olah pernapasan seperti Jalan cepat, balap sepeda, berenang. Bahkan ada agenda mengikuti balap sepeda dengan jarak puluhan kilometer dengan rute bervariasi menanjak, menurun dan menikung.

Anerobic: Latihan Anerobic berguna untuk meningkatkan kekuatan fisik tubuh tepatnya tubuh bagian atas dan bagian-bagian yang otot sternokleidomastoid, trapesium, deltopectorals, bisep, trisep, dan lengan. Sasaran utama dari latihan ini adalah untuk mencapai kekuatan maksimum dengan volume minimum.

Latihan Anerobic ini juga berkonsentrasi terutama pada tindakan refleksi yang penting bagi pebalap.  Latihan ini di dapat Orel Lubis #22 di lokasi gym dan outdoornya, program latihan fisiknya.  

Porsi Makanan: Kontrol porsi makanan yang selalu dijaga standard riders professional mulai dari menu sarapan lengkap dengan banyak kalori dan makan siang di prioritaskan kaya akan protein dari daging dan ikan.Sedangkan makanan malam, menunya di beri porsi karbohidrat dan timbangan pas untuk menjaga berat badan.

Orel bercerita kalau dirinya lebih fokusnya konsumsi daging, ayam, buah- buahan dan sayuran. Soal asupan karbohidrat di dapat dari kentang dan jenis umbian lainnya.

Komposisi Cairan: Orel juga sangat detail dalam urusan kontrol untuk konsumtif cairan bagi  dirinya sebagai pembalap professional sangat penting. Apalagi ketika selama perlombaan pembalap akan kehilangan 1,5-2,0 Kg cairan dari tubuh disebabakan cuaca, suhu udara dan tigkat stress. Ketika melakukan olah latihan fisik seperti Atletik, Gym, Bersepeda wajib membawa dua botol dengan porsi 1 botol air mineral dan 1 botol campuran isotonik. Tujuannya untuk menjaga tingkat dehidrasi akibat hilangnya elektrolit dan garam mineral. Jika terabaikan akan menyebabkan kelelahan dan kram serius.

Pola yang sama juga mulai di fokuskan oleh SiBoss Angga, dan memang hasilnya saat ini masih terpaut jauh dengan Abang Orel. Makanya Owner team DVS KTM Junior Racing, Dirk van Summeren dan pelatih Dennis Verbugen, akan lebih banyak volume menempa hal yang belum didapat maksimal oleh Si Boss Angga saat berkarir di Indonesia.

Bahkan motivasi Team DVS akan membentuk SiBoss Angga ketitik standar utama sebagai pebalap kompetitif kelas dunia.” Angga sudah ungkapan permasalahan dia selama di Indonesia, kami senang angga berterus terang dan kami akan lebih porsikan beberapa pola latihan untuk membentuknya dari ketertinggalan di banding sama Orel yang cenderung sudah mendekati menjadi pebalap professional kelas dunia, tinggal memeoles beberapa bagian yang sudah disiapkan dalam program latihan dan kompetisinya, “ ujar Dirk Van Summeren Owner team DVS KTM Junior Racing.

Sebelum keberangkatannya, Orel dan Siboss juga dikunjungi dan di motivasi oleh pelatihnya di Indonesia seperti Zulfikar, Febby Aribowo dan Gandung Darmoko. Dijakarta, beberapa jam sebelum take off ke Belgia, kedua lubis bersaudara ini di training oleh Taufan Hidayat soal strategi, pola attitude di lintasan dan venue event, mekanisme mengikuti kejuaraan hingga hal- hal kebiasaan buruk yang menjadi habits di Indonesia yang akan merugikan jika masih diterapkan di kejuaraan Eropa dan FIM Eropa.

Dalam Technical Brieffing tersebut, Orel dan SiBoss banyak menerima masukan yang wajib dijalankan dan yang harus ditinggalkan. Bekal memanage secara mandiri ini juga terus ditanamkan kedalam benak Orel dan SiBoss Angga,tujuannya fokus akan ritme kompetisi Eropa dan melupakan kebiasaan yang salah dalam penyelenggaraan event Motocross di Indonesia.

Orel dan SiBoss pastinya akan mendalami semua yang telah dipahami tentang kompetisi di Eropa, DVS KTM Junior Racing sepakat dengan visioner baru yang lebih menantang untuk terapkan dan menghantarkan Akbar Lubis dan Angga Lubis lebih high performance meraih hasil dari semangat kerja kerasnya berkarir di Motocross Eropa dan Dunia. Perlu diketahui, menjadi Juara Dunia tidak sah jika belum berprestasi di kejuaraan Motocross Eropa, yang terkenal ketat dan cadas.

Dalam persiapan tersebut, Orel dan SiBoss Angga membawa dua set sepedanya untuk mendukung fasilitas olah fisik secara mandiri yang akan dijalankan untuk lebih mengejar kekuatan performanya. Fokus keduanya memang kompleks antara skill,bentu fisik,mental dan adaptasi menyesuaikan standar peraturan kompetisi baik di lintasan maupun diluar lintasan.

Team DVS KTM Junior Racing dalam konfirmasi akurasi pola latihannya bersinergi dengan agenda latihan fisik, skill dan strategi berikut pola asupan makanan dan gizi yang diatur oleh pakarnya.  Artinya setiap bidang pola latihan dan therapy di tangani tim professional di bidangnya.

Keduanya take off menggunakan pesawat Turkey Airlines kamis jam 1.45 dinihari  menuju Istambul, Turkey untuk transit menuju Belgia. Selamat bertanding untuk duo Lubis, hingga mencapai hasil tertinggi untuk dirinya dan kebanggaan orang tua.