IMI Revisi Regulasi Teknik Dua Kelas Baru Kejurnas Grasstrack 2024, Ini Poin-poinnya

By: Delisti Putri Utami | 06/02/2024
IMI Revisi Regulasi Teknik Dua Kelas Baru Kejurnas Grasstrack 2024, Ini Poin-poinnya

BANDUNG, VMXMedia.ID – Beberapa waktu yang lalu, Ikatan Motor Indonesia (IMI), selaku organisasi induk dari olahraha bermotor, merilis Peraturan Teknik Kejurnas Grasstrack 2024. Namun, tak lama setelah regulasi itu diterbitkan, sejumlah poin kembali mengalami revisi atau perbaikan.

Menurut hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada bulan Januari, IMI secara resmi memutuskan untuk menghapus kelas Bebek dari kelas utama Kejurnas Grasstrack. Sebagai gantinya, dua kelas baru diperkenalkan, yakni kelas Trail Tune Up 4L 180cc Pro dan Trail Standar Pabrik 4L 155cc Pemula.

Regulasi yang mengalami perbaikan pada peraturan yang telah diterbitkan terletak pada dua kelas baru ini. Dua perbaikan terjadi pada kelas Tune Up 4L 180cc Pro dan satu perbaikan lagi terjadi dalam peraturtan teknik kelas Trail Standar Pabrik 4L 155cc Pemula, berkaitan dengan mesin.

Adapun perbaikan pertama yang terjadi dalam regulasi Tune Up 4L 180cc Pro terletak pada pesoalan mengenai  cylinder head. Sebelumnya, baik untuk motor Honda, Yamaha, maupun Kawasaki, aturan yang harus dipenuhinya adalah standar, dengan porting dan polis boleh dibubut dan dilas. Namun, hasil revisi membebaskan bagian ini, dengan syarat bentuk luar tetap sama seperti original dan tidak boleh bilet.

Revisi kedua terkait dengan peraturan mengenai cylinder block. Jika sebelumnya bagian ini harus standar dan dapat dibubut untuk semua motor, sekarang menjadi dibebaskan, membuka peluang inovasi lebih lanjut.

Sementara itu, kelas Trail Standar Pabrik 4L 155cc Pemula mengalami perubahan pada displacement and layout. Yamaha tetap mempertahankan 150cc hingga 155cc dengan toleransi 0.49cc. Namun, untuk motor Honda dan Kawasaki, ada penyesuaian kecil. Displacement and layout yang sebelumnya harus sekitar 150cc dengan toleransi 0.49cc, kini ditetapkan menjadi 155cc dengan toleransi yang sama.

Untuk kedua motor tersebut, peraturan sebelumnya mengharuskan memiliki displacement and layout-nya sekitar 150cc dengan toleransi sampai dengan 0.49cc, sekarang harus 155cc dengan toleransi sampai dengan 0.49cc.

IMI berharap peraturan terbaru ini mendapat perhatian khusus dari para peserta agar tidak terjadi ketidaksesuaian yang dapat berdampak pada kelancaran dan keadilan kompetisi. Braaapers, mari kita sambut era baru di lintasan grasstrack! (dpu)