Eli Tomac Mengungkapkan Perjuangan Pascacedera dan Antisipasi Kembali Balapan November Mendatang

By: VMX Media | 08/08/2023 | 107
Eli Tomac Mengungkapkan Perjuangan Pascacedera dan Antisipasi Kembali Balapan November Mendatang
Eli Tomac (Foto: @monsterenergy via Instagram)

BANDUNG, VMXMedia.ID – Juara berkali-kali di dunia balap motocross dan supercross, Eli Tomac, telah mengumumkan niatnya untuk kembali ke lintasan balap dalam musim ketiga bersama tim Monster Energy Star Racing Yamaha. Kabar baik ini disampaikan melalui siaran pers resmi dari timnya. Setelah mengatasi cedera yang menghambatnya, Tomac penuh semangat untuk kembali tampil di belakang garis start pada musim 2024.

Pada pertengahan musim 2023, Eli Tomac mengalami cedera serius saat berlaga di ajang AMA Supercross. Proses pemulihan cederanya ternyata tidak hanya fisik, tetapi juga mental. Tomac bahkan mengakui, ia sempat merasakan masa-masa sulit usai mengalami pecahnya tendon Achilles di kaki kirinya.

Seperti dilaporkan racerxonline.com, Eli Tomac menjelaskan, pemulihan cederanya berjalan lancar. Ia bahkan mampu pulih lebih cepat dari perkiraan semula. “Saya sudah bisa melakukan beberapa pekerjaan kardio. Jadi, semuanya baik-baik saja sekarang,” ungkap Tomac.

Pemulihan cedera Achilles yang dialami Eli Tomac merupakan proses yang menuntut kemajuan signifikan setiap setiap harinya. Meskipun tidak bisa dipandang sebelah mata, Tomac membandingkan pengalamannya dengan cedera bahu yang pernah dialaminya pada tahun 2015. Ia berpendapat, pemulihan Achilles lebih mudah dalam hal pergerakan dan kekuatan. Akan tetapi, ia tetap melalui rangkaian terapi fisik sesuai protokol untuk mencapai kondisi yang diinginkan.

Proses pemulihan ini tidak hanya fisik, namun juga melibatkan mental dan ketekunan. Tomac mengungkapkan, pengangkatan tumit merupakan tugas tersulit yang harus ia hadapi saat ini. Ia menyadari, tantangan terbesar adalah ketika ia harus berdiri di atas jari kaki dan mengontrol pergerakan penurunan tumit. Meskipun tantangan ini ada, Tomac optimis, dengan tekad dan usaha yang kuat, ia mampu mengatasi semua hambatan tersebut.

Eli Tomac mengakui, dalam proses pemulihan dari cedera, ia sempat merenungkan kemungkinan pensiun. Namun, keyakinan ia masih memiliki potensi dan kesempatan untuk kembali berlaga dengan baik, mendorongnya untuk menandatangani kontrak satu tahun lagi. Motivasinya adalah untuk tidak mengakhiri karier dengan cedera, melainkan dengan pencapaian gemilang di lintasan balap.

Dalam perencanaannya untuk musim balap mendatang, Tomac memiliki strategi yang matang. Ia berencana untuk kembali beraksi dalam kompetisi supercross dan juga membuka kemungkinan untuk balapan Pro Motocross dan SMX. Dengan kesadaran, proses pemulihannya membutuhkan waktu dan usaha, Tomac memiliki keyakinan yang kuat untuk mengatasi segala tantangan yang dihadapinya.

“Saat ini, saya dan tim telah sepakat untuk hanya fokus pada musim supercross 2024. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk turun juga dalam ajang Pro Motocross dan SMX,” ungkap pembalap asal Amerika Serikat tersebut.

Eli Tomac berharap untuk kembali beraksi pada November mendatang dalam kompetisi supercross. Keputusan ini diambil setelah mendapatkan persetujuan dan dukungan penuh dari timnya. 

Tomac merasa sangat didukung dalam keputusannya untuk kembali dan berkompetisi dengan semangat yang baru. Kita semua berharap melihat penampilan mengagumkan Eli Tomac dalam musim balap yang akan datang. (dpu)