Ajari Tentara Teknik Berkendara Motor Trail, Instruktur Safety Riding Sempat Grogi

By: VMX Media | 03/06/2023 | 144
Ajari Tentara Teknik Berkendara Motor Trail, Instruktur Safety Riding Sempat Grogi

BANDUNG, VMXMedia.ID – Acara coaching clinic yang dilakukan Panglima Kodam III Siliwangi bersama DK Racing Management di sirkuit Secaba Rindam III Siliwangi, Sabtu (3/6), mengundang antusiasme tinggi dari para Babinsa dan Kowad yang ikut pelatihan.

Fahmi Ammy, instruktur safety riding DK Racing Management, mengaku sempat grogi dalam mengajari Babinsa dan Kowad, teknik mengendarai motor trail. Namun, ia puas dengan antusiasme dari para Babinsa dan Kowad tersebut.

“Kesan-kesannya, ya, agak grogi juga. Biasa ngajar yang bukan dari kalangan militer. Kalangan militer ini terkesan disiplin. Tapi mereka patut diacungi jempol karena berani buat nyoba, bahkan sampai ada yang jatuh juga. Tapi mereka nggak takut. Mungkin karena mentalnya udah terbentuk,” ujar Fahmi kepada jurnalis VMX Media, Ridwan Muhammad Ikhsan.

Bersama empat temannya, Fahmi mengajarkan beberapa teknik berkendara motor, mulai dari safety riding, riding skill, hingga mechanical practice. Dari sisi riding skill, materi yang diajarkan berupa teknik pengereman, teknik bermanuver, teknik belokan, teknik menanjak, dan teknik menurun.

Fahmi mengungkapkan, coaching clinic ini tidak bertujuan untuk membentuk para Babinsa dan Kowad sebagai pembalap, melainkan untuk melatih mereka agar dapat menekan tingkat kecelakaan dengan penggunaan motor yang tepat.

“Karena skill-nya naik, otomatis para Babinsa dan Kowad ini akan lebih mahir, yang akhirnya dapat menekan tingkat kecelakaan. Terus, motornya juga bisa lebih awet karena penggunaannya benar,” tutup Fahmi (rmi).