Hot News

50 Tahun AMA MOTOCROSS – Kesuksesan Wadah Organisasi Dalam Menciptakan Event Berkualitas dan Dukungan Prestasi Atlit

By: VMX Media | 19/04/2022 | 797
50 Tahun AMA MOTOCROSS – Kesuksesan Wadah Organisasi Dalam Menciptakan Event Berkualitas dan Dukungan Prestasi Atlit

VMX.ID – Jelang 50 hari menuju kick off AMA Pro Motocross Championship 2022. Mengambil momentum sakral sejak tahun 1980 sebagai bagian penting dari sejarah eksistensinya AMA Motocross. Seperti AMA Supercross, putaran AMA Motocross juga di agendakan 17 putaran untuk musim kompetisi 2022. AMA Motocross juga mengikuti AMA Supercross sebagai bagian kegiatan penting bagi pabrikan motor dan sparepart serta penggemar balap.

Era sebelumnya, AMA Pro Motocross masih berlangsung 11 putaran yang berbeda, dibagi seperti ini: tiga putaran 125/250, kemudian empat putaran 250/500, dan finis dengan empat putaran 125/500. Juga acaranya masih tumpang tindih dengan supercross, sehingga hampir setiap akhir pekan ada jenis balapan yang berbeda. Empat kejuaraan Trans USA  berjalan tanpa di ikuti pebalap asal Eropa yang turut berpartisipasi. Dan semua event berakhir September, saat itu trek pada jadwal musim balap1980, sirkuitnya masih tetap ada sampai berlangsungnya seri tahun ini. Deretan sirkuit legendaris tersebut adalah :  Hangtown, Southwick, High Point, RedBud, Lakewood (meskipun di tempat yang sedikit berbeda dari tempat Thunder Valley sekarang) dan, untuk pertama kalinya, Washougal. (Juga, Unadilla adalah bagian dari seri Trans-USA.)

Juga, pada tahun 1980, AMA motocross mencapai garis akhir untuk banyak merek sepeda motor Eropa yang mendominasi hari-hari awal motocross Amerika. Penyebabnya, karena Big Four asal pabrikan Jepang telah melampaui pabrikan dari Jerman, Spanyol, Cekoslowakia dan bahkan merek Husqvarna Swedia. Bayangkan merk motor dikala itu terbayang akan merek motor semisal, Oakland SX 1980,model seri ketiga sebgai satu – satunya motor asal Eropa dan meraih finis kesembilan Bersama Turner’s Maico.

Sembilan belas delapan puluh juga dimulai dengan giant hole saat Bob “Hurricane” Hannah mengalami cedera atah kaki akibat masuk ke lubang raksasa. Akibatnya, Hannah absen untuk mengikuti full seri selama setahun. Setelah kejadian Hannah cidera, munculah superstar baru dalam mengisi kekosongan penampilan Bob Hannah. Salah satunya adalah rekan setim Hannah di team Yamaha, Mike “Too Tall” Bell, yang telah memenangkan pembukaan doubleheader seri SX di Seattle Kingdome. Akhirnya, Bell merebut gelar lebih awal.  

Sejauh AMA Pro Motocross berjalan, Mark Barnett dari Suzuki dan “Flying” Brian Myerscough mendapatkan lompatan pada Juara Nasional 125 Broc Glover yang telah tiga kali berlomba. Glover meraih urutan keempat dalam klasemen AMA Supercross dan memenangkan beberapa ronde tetapi bolak-balik antara kelas 250 dan 125. Dikelas 125, Glover tampaknya mempengaruhinya sedikit lebih banyak daripada “Bomber” Barnett, yang finis kelima di klasemen akhir SX. Tetapi diklasemen, Bannet unggulan di Glover di klasemen akhir 125 Pro Motocross dengan point 215, diatas Glover yang memiliki poin 205.

legenda kroser AMA Motocross

Di kelas 250, rekan setim Barnett di Suzuki, Kent Howerton, mendominasi, mengalahkan Mike Bell dengan selisih hampir 70 poin. Hasilnya, Mendapatkan gelar keduanya di ajang AMA Pro Motocross. Selain itu, Howerton juga memenangkan gelar Nasional 1976 untuk kelas 500ccc.

Dan di kelas 500 Chuck “the Rising” Sun of Oregon memberi Tim Honda gelar AMA Pro Motocross pertamanya sejak kejuaraan terakhir Marty Smith pada tahun 1977. Sun mengungguli Goat Breker Kawasaki dan Smith yang hijrah beralih mengendarai Suzuki di klasemen akhir.

memorial legend MX USA, gaylon Mosier

Ada dua momen cerah lainnya untuk motorcross Amerika pada tahun 1980, dan satu tragedi yang mengerikan. Pertama, pebalap privateer LOP Yamaha Marty Moates akhirnya menjadi orang Amerika pertama yang memenangkan Grand Prix 500cc AS di Carlsbad dengan kemenangan dominan 1-1. Sedangkan pebalap semi-privateer Johnny O’Mara mengejutkan dunia di Valvoline 125cc USGP di Mid-Ohio dengan kemenangan di atas Honda  Mugen berkulir putihnya. Keberhasilannya membawanya menjadi debut balapan profesionalnya.

T-shirt event di era 80 an

Mmen menyedihkan bagi sejarahnya AMA Motocross, adalah tragedi pada musim gugur ketika veteran Gaylon Mosier, yang mengendarai motor Tim Kawasaki, ditabrak truk dan tewas saat bersepeda di dekat Unadilla, New York, tepat sebelum balapan Trans-USA di sana.Kejadian yang menimpa veteran Motocross USA yangsangat di hormati itu disaat Mosier berusia 26 tahun.

Klasemen AMA Motocross1980 kelas 125

1. Mark Barnett Mark Barnett Bridgeview, IL Amerika Serikat                     314

2. Broc Glover Broc Glover El Cajon, CA Amerika Serikat                          305

3.Jeff Ward Jeff Ward Mission Viejo, CA Amerika Serikat                          219

4.Brian Myerscough Brian Myerscough   Calimesa, CA United States          214

5.Richard Coon Richard Coon      Ghent, NY United States                       186

Klasemen AMA Motocross1980 kelas 250

1.Kent Howerton Kent Howerton  San Antonio, TX United States               336

2.Mike Bell Mike Bell          Lakewood, CA United States                           259

3. Steve Wise Steve Wise  Mcallen, TX United States                               222

4. Warren Reid Warren Reid        Westminster, CA United States              200

5. Darrell Shultz Darrell Shultz     Orangevale, CA United States               178

Klasemen AMA Motocross1980 kelas 500

1. Chuck Sun Chuck Sun   Sherwood, OR United States                           307

2. Goat Breker Goat Breker         Anaheim, CA United States                   247

3. Marty Smith Marty Smith          San Diego, CA United States                 233

4. Rick Burgett Rick Burgett         Sandy, OR United States                       231

5. Jim Gibson Jim Gibson            Orange, CA United States                     216