Teknisi Suspensi Tim Balap Kelas Dunia Selalu Super Sibuk Sebelum Balapan, Ada Apa?

By: VMX Media | 02/06/2023
Teknisi Suspensi Tim Balap Kelas Dunia Selalu Super Sibuk Sebelum Balapan, Ada Apa?

VMXMedia.IDDALAM kejuaraan kompetisi motocross dan supercross, mekanik yang paling sibuk adalah teknisi suspensi. Dalam setiap sesinya, mulai dari latihan resmi, kualifikasi, hingga acara balapan utama, teknisi suspensi harus mempersiapkan suspensi agar berada dalam kondisi siap berkompetisi.

Penasaran apa saja aktivitas yang dilakukan teknisi suspensi dalam mempersiapkan kendaraan agar mampu melindungi tampil maksimal? Berikut adalah penjelasannya:

1. Melepas Suspensi

Pada mulanya, teknisi akan berdialog dengan pembalap, perihal ada atau tidaknya kendala. Kemudian, teknisi akan memasang suspensi stok berikutnya dan men-setting sesuai input dari pembalap dan analisis teknisi saat jalannya lomba.

Setelah itu, teknisi akan melepas garpu depan dari motor dan menganalisa posisi bekas pergerakan suspensi depan di as shock. Kemudian, teknisi akan membersihkan dengan detail agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya.

2. Kendurkan Mur Bagian Bawah

Selanjutnya, teknisi akan mengendurkan mur bagian bawah dan mendorong ke bawah pegas garpunya. Setelah mur kendor, teknisi akan meletakkan kaki garpu secara terbalik dan menekannya hingga batang bagian dalam keluar melalui bagian bawah kaki garpu.

Teknisi akan memastikan untuk menghentikan batang peredam agar tidak masuk kembali ke dalam kaki garpu, dengan mengendurkan mur pengunci. Kemudian, teknisi akan melepaskan tutup bawah dari batang peredam.

3. Pisahkan antar Bagian Komponen

Teknisi akan menggeser kembali kartrid bagian dalam dan pegas garpu baru, dengan menekan kaki garpu sehingga dapat menahan batang peredam melalui bagian bawah kaki garpu. Kemudian, teknisi akan mengencangkan kembali mur pengunci dan tutupnya.

Metode yang benar adalah, melilitkan mur pengunci sepenuhnya ke belakang pada batang peredam dan memutar penyetelan clicker sepenuhnya (berlawanan arah jarum jam). Gulung tutup bawah sepenuhnya ke batang peredam hingga berhenti, lalu kencangkan kembali mur pengunci ke tutupnya. Kemudian, atur ulang pengatur clicker, dan kencangkan tutup garpu bawah. Isi kembali forklegs dengan jumlah oli yang sesuai basis settingan yang dilakukan pembalap.

Teknisi top bidang suspensi kelas dunia, selalu memegang kerahasiaan settingan tiap tim. Mereka memberikan tips secara umum untuk pemula dapat menjadi teknisi suspensi, yaitu :

• Pastikan jumlah oli tepat digunakan saat mengisi ulang kaki garpu setelah memasang pegas. Jika jumlah atau berat oli salah, kinerja suspensi tidak akan mencukupi kebutuhan dalam kompetisi.

• Sebelum mengeluarkan pegas, sebaiknya atur suspensi sesuai kemampuan skill pembalap dan berat tubuhnya.

• Metode penggantian pegas ini hanya relevan untuk garpu kartrid tertutup biasa dan disesuaikan dengan kondisi trek.

Jika braaapers ingin kinerja suspensi maksimal, lakukan 3 hal ini:

• Bersihkan kaki garpu sebanyak mungkin dan siapkan area kerja yang bersih sebelum memulai

• Buang oli lama dengan benar, jangan ke saluran pembuangan atau garbo

• Saat bekerja, letakkan kaki garpu di atas balok kayu atau sepotong karpet atau karet, jangan langsung di atas beton

• Gunakan alat garpu yang benar jika memungkinkan untuk mencegah kerusakan pada garpu (ndr)