Selain Mengulang Sejarah di Batukaras, Ini yang Bikin TRABAS Merdeka 20 Istimewa

By: VMX Media | 12/09/2023 | 312
Selain Mengulang Sejarah di Batukaras, Ini yang Bikin TRABAS Merdeka 20 Istimewa

BANJAR, VMXMedia.ID – Event TRABAS Merdeka 20, yang berlangsung pada Sabtu-Minggu (9-10/9), terasa sangat istimewa. Event ini mengambil tiga titik jalur, yakni Tasikmalaya – Batukaras – Banjar, yang mana jalur tersebut merupakan napak tilas event perdana TRABAS Merdeka yang diselenggarakan pada 2003 lalu. 

Selain bernostalgia ke jalur yang dilalui dalam event perdana TRABAS Merdeka, TRABAS Merdeka 20 juga terasa istimewa karena bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-28 TRABAS, yang jatuh pada 9 September lalu. 

Event TRABAS Merdeka ini bagi kami lebih istimewa dibandingkan sebelum-sebelumnya, karena bertepatan dengan anniversary TRABAS ke-28,” ujar Yudi Ao, anggota TRABAS Angkatan 0 melalui sambungan telepon, Senin (11/9).

Dari segi jumlah peserta, event tahunan yang kali ini mengambil jarak tempuh sekitar 230 kilometer ini, mengalami peningkatan. Jika pada tahun lalu diikuti 490 peserta, tahun ini diikuti lebih dari 600 peserta. “TRABAS Merdeka kali ini, diikuti hampir 800 peserta,” ujar Yudi. 

Setelah TRABAS Merdeka 20, TRABAS akan kembali mengadakan event dalam waktu dekat. Dua di antaranya, adalah Ulin Bareng (Ubar) TRABAS dan TRABAS Enduro Gathering.

“Dari dulu, TRABAS selalu menjadi pionir event komunitas garuk tanah, khususnya di Jawa Barat. Semoga kami bisa selalu menjadi pionir bagi komunitas-komunitas lain. Untuk mempererat tali silaturahmi antar komunitas di Indonesia, terutama untuk seluruh anggotanya, bisa lebih solid lagi dan bisa lebih menjaga tali silaturahmi lagi,” ujar Yudi sembari menutup percakapan. (raf)