NEWS.VMX.ID – Jelang penghujung 2022, seluruh pabrikan motor secara intensif menyiapkan perangkat unit dalam menyambut musim kompetiis 2023. Unit terakhir yang telah update adalah Yamaha YZ450F, agak terlambat dihadirkan dibandingkan 450cc merek lainnya.
Menguji semua motor di atas perangkat alat test dyno, meski hasil angka dyno bukanlah gambaran lengkap performa mesin. Pada bukaan throttle parsial, motor dapat bertindak sangat berbeda, dan tenaga puncak bukanlah cara yang dapat memberi peringkat berdasarkan hasil maksimal.
Motor motocross 2023 450 telah diuji dyno di Pro Circuit.
KTM 450SX-F: 59,94 hp @ 9360 rpm
HUSQVARNA FC450: 59,30 hp @ 9810 rpm
YAMAHA YZ450F: 58,95 hp @ 9840 rpm
GASGAS MC450F: 57,07 hp @ 9050 rpm
KAWASAKI KX450: 56,37 hp @ 9540 rpm
HONDA CRF450R: 56,31 hp @ 8960 rpm
SUZUKI RM-Z450: 54,87 hp @ 8780 rpm
Meski semua orang yang belum memahami betul hubungan antara tenaga kuda dan torsi. Torsi adalah pengukuran sesaat dari gaya puntir. Horsepower adalah pengukuran berapa banyak kinerja yang diselesaikan dalam periode waktu tertentu. Jadi, untuk menghitung tenaga kuda, mulai dengan torsi dan dikalikan dengan rpm. Sebuah motor dapat menghasilkan angka tenaga kuda yang baik dengan keluaran torsi rendah hanya dengan putaran yang sangat tinggi. Begini cara mesin 450 cc modern disusun menurut torsi puncak.
HONDA CRF450R: 37,30 hp @ 6980 rpm
YAMAHA YZ450F: 35,37 hp @ 7250 rpm
GASGAS MC450F: 36,73 hp @ 7560 rpm
KTM 450SX-F: 36,51 hp @ 7190 rpm
HUSQVARNA FC450: 36,33 hp @ 7220 rpm
KAWASAKI KX450: 35,48 hp @ 6800 rpm
SUZUKI RM-Z450: 35,19 hp @ 7670 rpm