Event

Kenali 4 Istilah Babak dalam Balap Motocross Ini!

By: Ramadhan Abizar | 12/05/2023 | 574
Kenali 4 Istilah Babak dalam Balap Motocross Ini!

VMXMedia.ID BALAP motor, khususnya balap motocross, selalu mengundang antusiasme besar dari audiens, terutama warga lokal dari daerah tempat diselenggarakannya balapan. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, balap motocross menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat. 

Namun, tahukah braaapers, dalam balap motocross, terdapat istilah babak yang disebut free practice, qualifying practice, qualifying race, dan main race. Keempat istilah ini merupakan babak dalam perlombaan motocross. Sesuai dengan namanya, “practice” berarti sesi latihan, dan “race” berarti sesi perlombaan. 

Apakah pengertian dari keempat istilah tersebut? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Free Practice 

foto dok. VMX Media

Free practice, atau latihan bebas, adalah sesi latihan yang dilakukan pembalap untuk menguji dan menyesuaikan motor dengan trek. Sesi tersebut merupakan momen di mana pembalap mulai mengeluarkan motornya dari paddock pertama kali dalam event balap yang diikuti.

Free practice berlangsung empat kali dalam satu seri. Sebelum race dimulai, para pembalap akan beradaptasi dengan sirkuit, dan menyiapkan setting terakhir sebelum race resmi dimulai. 

Selain momen untuk pembalap beradaptasi dengan sirkuit, free practice menjadi penentu untuk menentukan posisi start di babak qualifying practice

2. Qualifying Practice

foto dok. VMX Media

Qualifying practice adalah sesi latihan yang dilakukan setelah free practice. Dalam sesi ini, para pembalap akan berkompetisi untuk memperoleh waktu tercepat pada putaran yang telah ditentukan. 

Para pembalap akan menghadapi sejumlah putaran untuk mencapai waktu tercepat berdasarkan batas waktu yang telah ditentukan. Pembalap dengan waktu tercepat akan menentukan posisi start mereka dalam babak qualifying race

3. Qualifying Race

foto dok. VMX Media

Qualifying race adalah sesi balap yang dilakukan untuk menentukan posisi start pembalap sebelum race utama berlangsung. Biasanya, qualifying race memiliki jarak lebih pendek dibandingkan race utama. 

Qualifying race digunakan sebagai acuan untuk menentukan kelayakan pembalap dalam melaju ke race utama. Pembalap yang berada di garis finish dengan waktu tercepat, secara otomatis akan lolos ke race utama. 

4. Main Race 

foto dok. VMX Media

Main race, atau race utama, adalah pertarungan yang menjadi puncak dari jalannya sebuah perhelatan balap. Para pembalap akan bertarung untuk menjadi yang tercepat dalam mencapai garis finish

Dalam main race, posisi start pembalap ditentukan dari hasil yang diperoleh dalam qualifying race. Umumnya, main race memiliki jarak yang lebih panjang dengan berbagai obstacle menantang. Pembalap yang berhasil mencapai garis finish dengan waktu tercepat dinyatakan sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah.

Itulah keempat istilah babak dalam balap motocross yang perlu braaapers ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi braaapers yang akan berkompetisi atau menghadiri event balap yaa.