Hadiri Jambore Supermoto Sumatera, Kracker Supermoto Jabodetabek Ngaspal ke Muara Bungo

By: VMX Media | 14/07/2023 | 129
Hadiri Jambore Supermoto Sumatera, Kracker Supermoto Jabodetabek Ngaspal ke Muara Bungo

MUARA BUNGO, VMXMedia.ID – Setelah lima tahun tak digelar, Jambore Supermoto Sumatera kembali diselenggarakan akhir Juni lalu, tepatnya di wilayah Muara Bungo, Jambi. Dalam rangka memperingati jambore tersebut, Kracker Supermoto chapter Jabodetabek melakukan touring dari Jakarta menuju Jambi dengan menempuh perjalanan sejauh 2400 kilometer pulang-pergi.  

Agenda touring yang dilakukan Kracker Supermoto Jabodetabek tersebut merupakan inisiatif dari Lerri, penasehat Kracker Supermoto Jabodetabek. Lerri mengatakan, Kracker Supermoto Jabodetabek memang jarang membuat agenda touring ke luar pulau Jawa.

Touring lintas pulau tersebut dilakoni Kracker Supermoto Jabodetabek selama 6 hari 7 malam. Dimulai dari Caos Custom Pancoran Jakarta pada Rabu (21/6) pukul 00:00 WIB, rombongan langsung menyebrang ke pulau Sumatera menuju Palembang.

Rombongan terdiri dari 13 orang termasuk 4 orang pengurus Kracker Supermoto Indonesia. Rombongan menempuh kurang lebih 300 Kilometer per hari dengan akumulasi jarak dari Jakarta – Jambi – Jakarta sejauh 2400 Kilometer. Adapun maksud serta tujuan melakukan touring tersebut adalah untuk memperkenalkan medan Sumatera yang dikenal horor dan berlubang, serta menguji endurance anggota Kracker Supermoto Jabodetabek.

Amalga Purnawaman, Ketua Umum Kracker Supermoto Indonesia mengatakan, rombongan sangat senang dengan kegiatan ini. Sepanjang perjalanan menuju Jambi, rombongan dijamu oleh chapter Kracker Supermoto dari setiap daerah, mulai dari Lampung hingga Palembang. Ketika tiba di tujuan, rombongan pun disambut ribuan peserta jambore.

“Uniknya dari perjalanan ini kawan-kawan akhirnya tahu betapa kejamnya jalur Lintas Sumatra, mulai dari velg pecah, unitrek patah, sampai ada yang terjatuh juga,” ungkap Amalga kepada VMX Media, Kamis (13/7).

Aktivitas yang dilakukan cukup banyak dan meriah, selain ada freestyle dari peserta jambore, ada juga tari-tarian khas Kota Jambi yang disuguhkan. Acara Jambore diakhiri dengan penyerahan plakat dari Amalga selaku Ketua Umum Kracker Supermoto Indonesia dan Koordinator Jabodetabek, didampingi penasehat dan mantan ketua umum Kracker. 

“Kebetulan di rombongan kami juga ada stunt rider yang sekalian memamerkan skill di acara tersebut,” ujar Amalga.

Setelah acara selesai, tim Kracker Supermoto Jabodetabek bertolak kembali menuju Jakarta dengan kembali menghadapi berbagai macam rintangan. Rombongan juga mengalami beberapa kendala pada motor mereka ketika perjalanan kembali ke Jakarta, mulai dari suspensi tang jebol, unitrek patah, pelek bengkok, hingga bearing roda jebol.

Amalga menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk menarik para peserta agar datang ke acara Jambore Kracker Nasional yang juga akan diadakan di Sumatera pada 2024 mendatang.

Touring yang Kracker Supermoto Jabodetabek lakukan ke Sumatera kali ini, didukung oleh Cos Custom Bike, Kawasaki Motor Indonesia, Omura Racing, Norifumi, Wurth, Gforce, Burger Bangor, dan Kopi Gadjah. (ss)