Gandeng Desainer Asal Amerika Serikat, Sirkuit Siliwangi Dirombak untuk Standarisasi Kejurnas Motocross Seri 2

By: VMX Media | 28/07/2023 | 197
Gandeng Desainer Asal Amerika Serikat, Sirkuit Siliwangi Dirombak untuk Standarisasi Kejurnas Motocross Seri 2
Sirkuit Siliwangi, Secaba Rindam III

BANDUNG, VMXMedia.ID – Sirkuit Siliwangi, yang berada di kawasan Secaba Rindam III Siliwangi, Bandung mulai menjalani proses rehabilitasi intensif. Hal ini diungkapkan Mevans Sanggramawijaya, Ketua Komisi Motocross IMI Pusat, kepada VMX Media, Jumat (28/7).

Per hari ini, tim track builder di bawah arahan Mulyadi dari Purwokerto telah memulai upaya pembenahan sirkuit guna memenuhi standarisasi sebagai lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross putaran 2, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 19-20 Agustus mendatang.

Rehabilitasi sirkuit ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan lintasan balap. Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perombakan ini antara lain adalah lebar sirkuit, panjang trek, penyesuaian handicap, serta peningkatan bagian-bagian krusial lainnya. Upaya pembenahan tersebut dilakukan secara serius dan teliti guna memberikan pengalaman balap yang optimal bagi para peserta dan penonton.

Menariknya, untuk desain sirkuit Siliwangi, penyelenggara menggandeng seorang desainer sirkuit berpengalaman dari Amerika, yang telah berhasil menangani berbagai sirkuit bergengsi termasuk MXGP (Motocross Grand Prix). Kehadiran desainer tersebut diharapkan dapat membawa sentuhan khusus dan profesionalisme dalam memastikan sirkuit Siliwangi siap menjadi arena adu kecepatan dan keterampilan para pembalap motocross di tingkat nasional.

Pemilihan Sirkuit Siliwangi sebagai lokasi penyelenggaraan kejurnas motocross tidaklah kebetulan. Kejurnas motocross di wilayah Bandung sudah lama dinanti oleh para penggemar balap motor off-road, dan Sirkuit Siliwangi dipandang sebagai lokasi yang tepat untuk menghidupkan kembali semangat kejuaraan ini. Selain itu, aksesibilitas dan lokasi sirkuit yang strategis di Bandung membuatnya mudah dijangkau oleh peserta dan penonton, sehingga diharapkan dapat menarik antusiasme dan partisipasi yang lebih besar dalam acara tersebut.

Dengan proses rehabilitasi yang sedang berlangsung dan kolaborasi desain dari ahli sirkuit internasional, Sirkuit Siliwangi diharapkan akan menjadi ajang balap motocross yang berkelas dan berstandar tinggi. Semua persiapan yang dilakukan diharapkan mampu menciptakan pengalaman balap yang luar biasa dan memukau bagi para pembalap serta penonton setia Kejurnas Motocross putaran 2 nanti. (dpu)