Ini 5 Tingkatan Kelas dan Trek di Red Bull Romaniacs Enduro yang Bikin Tantangan Makin Greget

By: VMX Media | 17/07/2023 | 172
Ini 5 Tingkatan Kelas dan Trek di Red Bull Romaniacs Enduro yang Bikin Tantangan Makin Greget
Red Bull Romaniacs (Foto: moresport.tv)

SIBIU, VMXMedia.ID – Tinggal 8 hari lagi menuju Red Bull Romaniacs 2023. Acara balap hard enduro rally yang dipandang terberat di dunia ini sudah berjalan hampir 20 tahun, sejak Martin Freinademetz menciptakannya pada 2004 lalu. Setiap tahunnya, ajang ini selalu membuat para penggemar enduro mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menaklukkan trek yang berat.

Edisi ke-20 Red Bull Romaniacs Enduro akan digelar dari tanggal 25 hingga 29 Juli 2023. Nah, dalam ajang ini, ada 5 kelas berbeda yang diperlombakan. Ada kelas Atom, Iron, Bronze, Silver, dan Gold yang level kesulitannya makin naik. Keren banget, kan! Yuk, simak penjelasan dari Martin Freinademetz tentang tiap kelasnya.

1. Kelas Atom: Serunya Buat Pemula!

Kelas Atom di Red Bull Romaniacs Enduro adalah kelas paling santai dan cocok untuk pemula yang pengen nyoba-nyoba. Ada beberapa jalur yang enak, beberapa bukit kecil yang harus dilalui. Namun tenang aja, tidak hanya itu saja kok. Akan ada jalan-jalan berkerikil untuk santai-santai.

2. Kelas Iron: Uji Adrenalinmu!

Nah, buat yang suka tantangan lebih, kelas Iron ini wajib dicoba. Banyak jalur tunggal dengan rintangan yang lebih tinggi. Braaapers akan dihadapkan dengan beberapa hal yang harus dilompati setinggi 40 cm. Ada juga beberapa langkah menurun yang bikin deg-degan. Untuk dapet posisi bagus, braaapers harus bisa berkendara dengan kecepatan yang oke, jangan pelan-pelan ya. Ini balapan serius!

3. Kelas Bronze: Naik Level Nih!

Untuk yang mau naik level, kelas Bronze bisa jadi tantangan baru. Untuk ikut di kelas ini, braaapers harus punya kemampuan enduro tingkat nasional yang oke. Kelas ini ada beberapa bagian yang menarik dan teknis. Siap-siap deh hadapi beberapa bagian off-camber yang bikin geleng-geleng kepala. Jangan kaget kalau harus mendorong dan menarik motormu. Ada perbukitan yang curam banget, dan kalau tersangkut, braaapers harus bisa pulih sendiri. Bronze ini tidak gampang, tapi pasti seru banget untuk bersenang-senang!

4. Kelas Silver: Siap-Siap Terbang Tinggi!

Untuk yang punya catatan kejuaraan enduro internasional yang mentereng, kelas Silver akan bikin kamu ketagihan. Siapkan mental untuk menghadapi banyak langkah dan townhill yang gila-gilaan. Braaapers harus bisa berkendara dengan lihai di setiap kondisi dan menghadapi off-camber yang curam banget, termasuk akar batu yang bikin geleng-geleng kepala. Jangan lupa, akan ada lompatan tinggi, bisa sampai 60 cm atau bahkan lebih. Tantangannya keras, tapi seru banget deh!

5. Kelas Gold: Hanya untuk Pemberani Sejati!

Nah, kelas Gold ini khusus untuk pemberani sejati. Kelas ini adalah level tertinggi dan paling sulit di dunia ini. Setiap harinya akan ada 10 bagian yang harus braaapers hadapi, dengan tantangan yang makin sulit dan curam. Ini tidak akan bisa dilalui oleh orang yang hanya jalan biasa. 

Untuk ikut di kelas ini, braaapers harus jadi juara teratas di negaramu. Dan jangan kaget kalau harus membandingkan diri dengan pembalap-pembalap top. Menurut Martin Freinademetz, orang-orang banyak yang ingin  naik ke kelas Gold untuk mencoba adrenalin maksimal. Namun, ingat, ya, butuh waktu lebih dari dua kali lipat dari lima pembalap teratas buat menyelesaikan trek ini.

Red Bull Romaniacs memang punya tingkatan kelas dan trek yang bikin gregetan. Tiap pembalap akan mengeluarkan kemampuan dan adrenalinnya dalam menghadapi tantangan. Gimana nih, siapakah yang akan jadi jawara di Red Bull Romaniacs 2023? Kita tunggu aksinya yang seru dan menegangkan! (ss)