Becak Cross Jadi Cabang Kelas Grasstrack Unik dalam Kosgoro Super Grasstrack, Tertarik untuk Ikut?

By: VMX Media | 11/07/2023 | 381
Becak Cross Jadi Cabang Kelas Grasstrack Unik dalam Kosgoro Super Grasstrack, Tertarik untuk Ikut?
Becak Cross (Foto: @papanino_vj)

TAPANULI, VMXMedia.ID – Kosgoro Super Grasstrack akan diselenggarakan pada tanggal 5-6 Agustus mendatang di Sirkuit Permanen ANRA Lopian, Tapanuli Tengah. Terdapat satu kelas yang menarik perhatian, yaitu kelas Becak Cross.

Becak cross, yang juga dikenal dengan sebutan balap becak dan vespa cross, adalah motor grasstrack yang didasarkan pada kendaraan yang banyak ditemui di Sumatera Utara, terutama di wilayah Padang Sidempuan.

“Becak cross adalah sepeda motor vespa yang dimodifikasi dengan tambahan bak samping, memiliki 3 roda, dan di dalam balapan memiliki seorang asisten yang bertanggung jawab atas keseimbangan becak cross saat balapan,” ungkap Hans, panitia acara Kasgoro Super Grasstrack, kepada VMX Media.

Jadi, becak cross adalah jenis vespa yang dimodifikasi dengan bak penumpang di samping. Motor ini membawa 2 penumpang yang terdiri dari 1 joki dan 1 navigator yang duduk di dalam bak di sebelah joki.

Prinsip yang diterapkan dalam balapan ini hampir sama dengan prinsip dalam balapan mobil rally, di mana peran navigator di samping joki sangat penting.

Joki dan navigator becak cross harus saling berkoordinasi dengan baik. Jika tidak, mereka berisiko terbalik. Misalnya, saat belok ke kiri, navigator harus mengalihkan beban tubuhnya ke kiri, begitu pula sebaliknya.

Kelas Becak Cross dalam ajang Kasgoro Super Grasstrack terbuka bagi siapa pun yang ingin mengikutinya. 

“Peserta bebas. Tergantung pada kemampuan mereka membawa becak cross mereka,” jelas Hans.
Untuk kelas ini, atribut keselamatan lengkap menjadi persyaratan wajib, mengingat risiko yang lebih besar dibandingkan dengan motocross biasa. Peserta diharuskan menggunakan pakaian lengkap, termasuk helm, deker, body protector, dan perlengkapan keselamatan lainnya. (ss)