Event

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Penyiraman Sirkuit Sebelum Balapan Berlangsung?

By: Delisti Putri Utami | 17/05/2023 | 181
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Penyiraman Sirkuit Sebelum Balapan Berlangsung?
Penyiraman sirkuit di event MPS - FIF Kejurnas Motocross 2023

VMXMedia.ID – PENYIRAMAN sirkuit motocross ataupun grasstrack dengan air sebelum balapan berlangsung adalah praktik umum yang dilakukan untuk menjaga kondisi dan kualitas lintasan. Namun, seperti halnya setiap metode perawatan, ada kekurangan dan kelebihan yang perlu dipertimbangkan. Apa saja itu? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Kelebihan

1. Pengendalian debu

Sirkuit terdiri dari lintasan berpasir, berlumpur,  ataupun tanah yang dapat menghasilkan debu saat motor melintas. Penyiraman secara rutin membantu mengendalikan dan mengurangi jumlah debu yang terbang di udara. Debu yang berlebihan dapat mengganggu pandangan pembalap, mengurangi traksi ban, dan mengurangi visibilitas bagi penonton. Dengan menyiramkan air, debu dapat dijaga agar tetap rendah dan memberikan kondisi balapan yang lebih baik.

2. Pengurangan getaran

Saat motor melintasi lintasan yang kering dan keras, getaran yang dihasilkan dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan pembalap. Penyiraman sirkuit dapat membantu mengurangi getaran dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Ini juga membantu mengurangi risiko cedera atau kelelahan yang disebabkan oleh getaran yang berlebihan.

3. Menjaga kualitas lintasan

Air yang disiramkan ke permukaan sirkuit dapat membantu menjaga kelembapan tanah dan memperpanjang umur lintasan. Tanah yang terlalu kering cenderung mengeras dan retak, yang dapat mengurangi kualitas lintasan dan membuatnya lebih sulit untuk dikendarai. Dengan penyiraman yang tepat, lintasan dapat tetap dalam kondisi yang optimal, meningkatkan kesenangan dan keamanan balapan.

Kekurangan

1. Permukaan licin

Terlalu banyak penyiraman dapat menyebabkan permukaan sirkuit menjadi licin. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi pembalap, terutama saat melewati tikungan atau melakukan aksi lompatan. Kelebihan air dapat membuat ban kehilangan traksi, kendaraan jadi sulit dikendalikan, dan meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Perawatan yang memakan waktu

Penyiraman sirkuit membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup untuk melakukannya dengan benar. Perlu ada tim atau petugas yang siap menyiramkan sirkuit secara merata dan memastikan jumlah air yang tepat digunakan. Hal ini dapat menambah biaya, energi dan waktu yang diperlukan sebelum event.

Dalam penyiraman sirkuit, penting untuk memperhatikan jumlah air yang digunakan agar tidak terlalu basah atau terlalu licin. Pihak yang bertanggung jawab atas sirkuit biasanya memiliki penjadwalan dan metode penyiraman yang sesuai dengan kondisi cuaca dan kebutuhan sirkuit yang dikelolanya.