10 Tokoh Penting yang Populerkan AMA Supercross dan FIM World Supercross, Siapa Saja Mereka?

By: VMX Media | 05/04/2023 | 327
10 Tokoh Penting yang Populerkan AMA Supercross dan FIM World Supercross, Siapa Saja Mereka?

Written by Munandar Nuch Arsih

VMX.ID – OLAHRAGA balap supercross hadir menguatkan dan menyempurnakan varian balap motocross. Untuk pertama kalinya, beberapa kompetisi di World SX Series hadir dengan model bisnis yang sangat berbeda. Perubahan besar dalam hal promotor SX/MX menyebabkan adanya peningkatan kualitas di beberapa aspek dan menjadi catatan sejarah olahraga balap motocross.

Siapa sebenarnya orang yang membuat keputusan dalam kejuaraan yang menjadi perhatian besar para penggemar dirtbike di seluruh dunia ini? Berikut adalah daftarnya.

  1. Dave Prater

Dave Prater merupakan Wakil Presiden Supercross untuk Feld Motorsports. Dave sudah lama berkecimpung di urusan kompetisi motocross. Ia bukan sosok yang tiba-tiba muncul ketika Feld Motorsport membeli Supercross. Hal ini menjadi alasan ia dipercaya untuk menjalankan kompetisi supercross.

  • Mitch Payton, pemilik Pro Circuit

Mitch Payton adalah pemilik Pro Circuit. Pengaruh Payton memang tidak seluas tokoh lain. Namun, ia masih menjadi orang yang tepat untuk memengaruhi pembalap dari seluruh merek pabrikan.  Mitch adalah sosok pemikir. Oleh karena itu, ia selalu menjadi tempat para pembalap untuk memberikan nasihat teknis hingga privasi.

  • Mike Muye, Direktur Supercross

Direktur Supercross ini selalu hadir di stadion pada hari perlombaan. Ia mempunyai tanggung jawab bersama orang-orang di Feld Motorsport. Meski belum lama menangani supercross, Mike sangat maksimal menjaga kualitas kejuaraan AMA SX.

  • Ken Adelson,

Adelson merupakan  Direktur Senior Penyiaran Feld Motorsportsadalah. Baru-baru ini dia memegang peran serupa dengan NHRA (motorsport terbesar ke-2 di AS) di mana dia menangani semua aspek strategi konten, produksi, integrasi teknologi, dan distribusi multisaluran.

  • Mike Pelletier

Mike adalah Direktur Balap untuk AMA. Ia adalah sosok penting di AMA dengan jabatannya yang telah membuka komunikasi lebih baik dengan tim, media, dan pembalap.

  • Lucas Mirtl, agen- Wasserman Management Group

Lucas adalah seorang agen Wasserman Management Grou. Ia termasuk agen langka  yang selalu mengikuti sebagian besar balapan untuk mendukung kliennya. Ia adalah tokoh dengan eksekusi jitu yang bisa memengaruhi brandbrand besar untuk hadir ke kompetisi.

  • Ricky Carmichael, Analis TV- ,

Selain menjadi pembalap bersejarah di motocross, saat ini Ricky Carmichael adalah Analis TV Feld Motorsports dan Duta Besar Triumph.

  • Eric Peronnard

Pemilik EP Production ini telah berkecimpung di dunia olahraga dirtbike selama beberapa dekade. Ia merupakan orang yang diajak Malott di Red Bull untuk menjalankan acaranya. Saat ini menjadi konsultan untuk Fox Balapan.

  • Jason Weigandt

Jason Weigandt adalah seorang penyiar/jurnalis yang menjadi pengisi suara perjalanan perlombaan AMA Supercross. Ia juga seorang penulis spesialis dirtbike yang pendapatnya sangat dihormati.

10. Adam Bailey dan Ryan Sanderson, SX Global

Adam dan Ryan merupakan bagian dari SX Global. Keduanya mempunyai posisi yang berkuasa dan berpengaruh.

Selain kesepuluh tokoh tersebut, forum MX juga mempunyai andil yang besar dalam kepopuleran penyelenggaraan acara supercross.